HONDA

Karena 5 Proyek Ini, Presiden Soeharto dan Ibu Tien Sampai Turun ke Bengkulu

Karena 5 Proyek Ini, Presiden Soeharto dan Ibu Tien Sampai Turun ke Bengkulu

Karena 5 Proyek Ini, Presiden Soeharto dan Ibu Tien Sampai Turun ke Bengkulu--Pirmansyah/rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM – Sabtu, tanggal 1 Juli tahun 1989, menjadi hari paling bersejarah bagi pembangunan Provinsi BENGKULU. Di hari itu, tepatnya siang hari, Presiden Republik Indonesia H. Soeharto turun ke Provinsi BENGKULU.

Presiden Soeharto tidak sendiri, melainkan turun bersama Ibu Negara, Ny. Hj. Tien Soeharto. Kedatangan orang nomor satu di Indonesia dan Ibu Negara tersebut, karena adanya 5 proyek besar di Provinsi Bengkuku.

Proyek tersebut merupakan proyek strategis nasional. Sehingga Presiden Soeharto turun langsung untuk melihat sekaligus meresmikan.

BACA JUGA:Pecahkan Rekor! Bendungan Terbesar di Bengkulu Diresmikan Soeharto, Ini Pesan Saat Peresmian

Dari berbagai informasi dihimpun, 5 proyek di Provinsi Bengkulu yang diresmikan oleh Presiden Soeharto waktu itu, terbesar yakni Bendungan Air Manjuto berlokasi di Desa Lubuk Cabau Kecamatan V Koto, Kabupaten Mukomuko yang saat itu merupakan wilayah pemerintahan Kabupaten Bengkulu Utara.

Dan Presiden sampai langsung menginjakkan kaki ke daerah Kapuang Sakti Ratau Batuah. Hingga membubuhkan tanda tangan di prasasti peresmian selesainya pembangunan serta mulai dioperasikannya Bendungan Air Manjuto.

BACA JUGA:Ini Dia ! Bendungan Tertua di Provinsi Bengkulu, Pembangunannya sejak Era Kolonial Belanda

Proyek lainnya yang turut diresmikan oleh Presiden Soeharto, bertempat di Mukomuko, sejumlah pembangunan di Kabupaten Bengkulu Selatan. Yakni pembangunan Irigasi Air Kedurang, dan pembangunan Irigasi Air Nipis Seginim.

Ikut serta diresmikan oleh Presiden, pembangunan Irigasi Air Musi Kejalo, yang lokasi proyeknya di Kabupaten Rejang Lebong. 

BACA JUGA:Ini ! 6 Bendungan Terbesar di Provinsi Bengkulu, Masuk Wilayah Kerja Balai Sungai Sumatera VII

Dan satu proyek terdapat di Kota Bengkulu, tepatnya di kawasan Kelurahan Anggut Atas, Kecamatan Ratu Samban.

Yakni peresmian atas selesainya pembangunan Masjid Akbar di Bengkulu saat itu, yang kini disebut Masjid Agung At-Taqwa. 

Masjid ini merupakan masjid terbesar di Provinsi Bengkulu saat itu. Masjid ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan tempat ibadah bagi umat Islam di Kota Bengkulu.

BACA JUGA:Ini Dia 5 Bendungan Terbesar di Dunia, Memiliki Daya Tampung Hingga Miliaran Kubik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: