HONDA

Bukan Cuma Jadi Menu Favorit Kuliner, Ternyata Ini Manfaat Lain Rebung Bambu

Bukan Cuma Jadi Menu Favorit Kuliner, Ternyata Ini Manfaat Lain Rebung Bambu

Ternyata ini manfaat lain rebung bambu, bukan cuma jadi menu favorit kuliner.--dokumen/rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Rebung atau tunas bambu merupakan salah satu makanan yang menjadi menu favorit di Indonesia, khususnya di Bengkulu.

Terdapat berbagai variasi makanan yang bisa dicampur dengan rebung ini diantaranya seperti sup, tumis, semur, pangsit dan salad. 

Adapun salah satu menu khas olahan masakan rebung bambu yang terkenal di Bengkulu ialah gulai rebung asam. 

Rebung yang memiliki bahasa Latin Dendrocalamus Asper ini ternyata memiliki kandungan antioksidan, serat, protien, mineral, dan juga mempunyai kandungan lemak yang rendah. 

BACA JUGA:Mitos Pohon Bambu Kuning: Ditakuti Setan dan Penangkal Serangan Gaib, Diyakini Pembawa Hoki Juga Keberuntungan

Selain itu tunas bambu ini memiliki berbagai vitamin A, B6, C, E, kalsium, kalium, zat besi niasin, folat, tembaga, mangan, selium, fosfor, tiamin sampai magnesium.

Diketahui sebelum dikonsumsi tunas bambu terlebih dahulu dikupas, dikarenakan kulit luar dari pucuk bambu mempunyai tekstur yang keras. 

Adapun manfaat pertama yang terdapat pada rebung ialah bisa memperkuat imun tubuh.

Ketika pada saat awal musim hujan, rebung ini sangat baik untuk dikonsumsi yang bermanfaat menghindari infeksi virus dan bakteri. 

BACA JUGA:Beberapa Jenis Kayu Ini Diyakini Mendatangkan Rezeki, Tetapi Ada Syaratnya

Manfaat berikutnya yang ternyata belum banyak diketahui, rebung ini dapat menjadi penawar atau anti bisa dari gigitan ular, kalajengking, dan makhluk berbisa lainnya.

Seperti di negara India, jus rebung  yang diekstrak bisa bekerja melawan racun. 

Selain itu juga rebung dapat melindungi jantung dari berbagai macam penyakit. Untuk rebusan rebung diketahui bisa membantu membersihkan arteri yang tersumbat dan melarutkan kolestrol jahat.

Selanjutnya manfaat lain dari rebung ini sangat bagus untuk diet, dikarenakan rebung ini rendah kalori tapi juga tinggi akan serat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: