HONDA

Menanam Pepaya dari Biji di Tabulampot, Apakah Bisa Berbuah Lebat?

Menanam Pepaya dari Biji di Tabulampot, Apakah Bisa Berbuah Lebat?

Apakah bisa berbuah lebat dengan menanam pepaya dari biji di Tabulampot.--dokumen/rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Pepaya merupakan salah satu jenis tanaman yang mempunyai biji banyak. Biji pepaya inilah yang biasa ditanam.

Ada cara mudah menanam pepaya. Salah satu caranya dengan menanam pepaya dari biji supaya tumbuh dan berbuah lebat dengan pohon yang pendek di dalam pot, dalam 90 hari bisa dipanen.

Pepaya merupakan salah satu buah yang memiliki daya simpan jangka pendek, untuk pepaya California dapat dipanen antara 8-9 bulan.

Banyak sekali manfaat dari mengonsumsi buah pepaya, bagi orang yang sedang diet dapat menurunkan berat badan, selain itu baik juga untuk pencernaan dan disarankan dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalani diet.

BACA JUGA:Jarang Diketahui, Ternyata Bunga Pepaya Kaya akan Manfaat yang Bisa Mencegah Penyakit Stroke

Selain itu manfaat buah pepaya ini juga mampu menurunkan kolesterol, baik untuk penderita diabetes, meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi radang sendi serta mencegah prostat dan kanker usus.

Tanaman ini mudah tumbuh, namun demikian sangatlah baik apabila di tanam di dataran rendah yang sering hujan.

Walaupun demikian, tanaman pepaya ini dapat juga tumbuh di daerah yang kering dengan cara disiasati rajin menyiramnya.

Umumnya pertanian pepaya ditanam di tanah, namun demikian apabila di perkotaan biasanya lahannya sempit, maka dapat ditanam melalui media pot.

BACA JUGA:Masker Pepaya: Berkhasiat dan Ampuh Jaga Kesehatan Kulit Wajah, Begini Cara Membuatnya

Dikutip dari berbagai sumber, supaya proses budidaya tabulampot tanaman buah pepaya dapat berbuah lebat dan batangnya pendek serta manis, adalah sebagai berikut:

1. Pemilihan benih

Ambil wadah, lalu pisahkan buah pepaya dari bijinya, lalu bersihkan biji pepaya dua sampai tiga kali, kemudian dikeringkan di tempat yang teduh selama dua hari, jauhkan dari sinar matahari secara langsung dengan menggunakan alas dari tisu.

Biji pepaya akan berubah warna menjadi sedikit kecokelatan setelah masa pengeringan selama dua hari tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: