HONDA

Catat ! 8 Tips Menghemat Energi Listrik di Rumah, Hemat Tagihan, Tidak Bikin Kantong Anda Jebol

Catat ! 8 Tips Menghemat Energi Listrik di Rumah, Hemat Tagihan, Tidak Bikin Kantong Anda Jebol

Catat ! 8 Tips Menghemat Energi Listrik di Rumah, Hemat Tagihan, Tidak Bikin Kantong Anda Jebol --Foto: Freepik.com/Storyset

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Era sekarang ini, pembiayaan serba mahal. Harga-harga barang industri, bahan bakar minyak (BBM) dan kebutuan pokok melambung tinggi. Termasuk juga Tarif Dasar Listrik (TDL) bagi rumah tangga, beberapa waktu lalu juga sudah ikut naik.

BACA JUGA:Awas Penipuan, PLN Tak Jual Alat Penghemat Listrik

Maka dari itu, kita sebagai masyarakat pengguna hendaknya dapat menghemat pamakaian listrik di rumah. Dengan penghematan energi listrik ini, maka akan mengurangi biaya pengeluaran setiap bulannya. Paling tidak pengeluaran untuk tagihan listrik tidak membengkak. Alias tidak akan bikin kantong Anda jenol !

BACA JUGA:Dana Proyek SMP: Papua Selatan Rp32 Miliar Papua Barat Daya Rp36 Miliar

Pada artikel rakyatbengkulu.com kali ini, setidaknya ada 8 tips yang bisa kita lakukan sebagai langkah penghematan energi listrik di rumah. Ke-8 tips ini yang bisa diterapkan antara lain sebagai berikut :

BACA JUGA:Dana DAK Proyek SMP Provinsi DI Yogyakarta Tahun 2024 Hanya Rp28 Miliar

1. Matikan peralatan listrik ;

Adapun tips mudah dan gampang adalah dengan mematikan peralatan listrik yang tidak dipakai seperti TV, komputer, dan lampu. Ketika Anda mematikan semua peralatan listrik yang tidak dipakai ini, maka Anda sudah memulai menghemat energi listrik di rumah Anda. Ketika kebiasaan ini sudah terbiasa, dipastikan membantu mengurangi tagihan dan tahihan listrik Anda tidak akan membengkak. Anda pun ikut menjaga lingkungan.

BACA JUGA:Dana DAK Proyek SMP Provinsi Aceh Tahun 2024: Rp138 Miliar

2. Mengganti lampu pijar dengan lampu LED ;

Apabila Anda selama ini menggunakan lampu pijar, maka mulai sekarang Anda disarankan untuk memakai lampu LED. Lampu jenis ini akan lebih hemat energi daripada memakai lampu pijar dan lampu neon. Diketahui, lampu LED juga lebih panjang umurnya dan menghasilkan cahaya yang jauh lebih terang.

BACA JUGA:Dana DAK Proyek SMP Provinsi Banten Tahun 2024: Ini Rincian per Kabupaten

3. Menggunakan alat-alat listrik yang hemat energi ;

Anda pun mulai sekarang hendaknya menjatuhkan pilihan pada alat-alat listrik yang memiliki rating energi yang rendah. Adapun rating energi ini biasanya ditunjukkan pada kemasan produk. Dengan pemilihan itu bisa membantu Anda memilih produk yang lebih hemat energi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: