HONDA

Maluku Utara Wow! Rp315 Miliar Dana Proyek DAK Fisik 2024: Ini Rinciannya

Maluku Utara Wow! Rp315 Miliar Dana Proyek DAK Fisik 2024: Ini Rinciannya

Maluku Utara Wow! Rp315 Miliar Dana Proyek DAK Fisik 2024: Ini Rinciannya--dok/rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM – Tahun 2024, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara diganjar dengan anggaran hingga Rp315,7 miliar oleh pemerintah pusat. anggaran tersebut berupa Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik, yang bisa digunakan untuk pembangunan tahun depan.

Artinya, ada dana ratusan miliar yang bisa digunakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara, khusus untuk membangun sejumlah infrastruktur. 

BACA JUGA:Maluku Utara Raih Rp180 Miliar DAK Fisik Pendidikan: Ini Rincian Pagu Kabupaten/Kota

Khususnya untuk mendukung program pembangunan di bidang pendidikan, jalan, irigasi, kesehatan, sarana air minum, pertanian, serta kelautan dan perikanan.

Terbesar didapatkan, adalah anggaran untuk bidang pendidikan. Total pagu dana yang diberikan pemerintah pusat, mencapai Rp179,1 miliar.

BACA JUGA:Dana DAK Proyek SMP Provinsi Maluku Utara Tahun 2024 Tembus Rp92 Miliar

Untuk bidang pendidikan ini, terbesar mendapatkan anggaran, adalah untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Alokasi dana yang diberikan pusat mencapai Rp92,7 miliar.

Disusul terbesar kedua, untuk Sekolah Menengah Atas (SMA), mencapai Rp81,3 miliar. 

Sedangkan untuk Sekolah Luar Biasa (SLB), Pemprov Maluku Utara dikucurkan dana sebesar Rp5,1 miliar.

BACA JUGA:Dana Proyek Jalan Tahun 2024 di Provinsi Maluku Utara: Terbesar Pulau Taliabu

Terbesar kedua, DAK Fisik Bidang Jalan sebesar Rp39,9 miliar. Pembagiannya, Pemprov Maluku Utara harus menggunakan Rp9,9 miliar untuk pembangunan jalan yang bertujuan mendukung konektivitas daerah.

Kemudian sejumlah Rp6,6 miliar harus digunakan untuk pembangunan jalan yang bertujuan penguatan destinasi pariwisata prioritas. 

Lalu Rp11,3 miliar khusus untuk jalan untuk mendukung penguatan kawasan sentra produksi pangan. Baik pangan dari sektor pertanian, perikanan, dan hewani. Dan Rp11,9 miliar untuk peningkatan konektivitas dan elektrifikasi di daerah afirmasi

BACA JUGA:Dana Desa (DD) 2024 untuk Provinsi Maluku Utara: Halmahera Selatan Terbesar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"