HONDA

Ini ! 9 Warna Bola Mata yang Dominan pada Manusia di Muka Bumi

Ini ! 9 Warna Bola Mata yang Dominan pada Manusia di Muka Bumi

Ini ! 9 Warna Bola Mata yang Dominan pada Manusia di Muka Bumi--DOK/RB

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Tahukah kamu ! Warna bola mata yang dominan pada manusia di muka bumi? Ternyata warna bola mata manusia di dunia ini bervariasi. Ada manusia yang warna bola mata coklat, biru, merah kecoklatan, kuning, hijau, abu-abu, ungu, spektrum warna, dan kelabu.

BACA JUGA:Jomblo Jangan Panik! Lakukan 9 Trik Ampuh Ini Agar Kamu Lebih Menarik di Mata Lawan Jenis

Dari sebuah penelitian, peneliti sudah menemukan 16 gen yang berbeda yang mempengaruhi warna bola mata pada manusia. Sebagian besar dari gen tersebut mempunyai peran penting dalam produksi, transportasi, dan penyimpanan pigmen melanin.

BACA JUGA:Rahasia Tersembunyi! Terapi Kantong Teh Atasi Mata Panda dan Kantong Mata Besar

Warna bola mata seseorang memang menarik dan bisa menjadi perhatian bersama. Warna bola mata juga salah satu keunikan yang bisa diamati ketika kita saling bertatap muka. Mengacu pada hasil penelitian itu, setidaknya ada 9 Warna bola mata manusia yang dominan di muka bumi ini. 

BACA JUGA:Unik! Suku Yap yang Hidup di Kepulauan Samudera Pasifik, Punya Mata Uang 'Batu' Terbesar di Dunia

Diketahui, bahwa ada dua faktor yang mempengaruhi warna bola mata seseorang yaitu pigmentasi iris mata dan frekuensi hamburan cahaya oleh media keruh di stroma iris. Bukan hanya itu, hamburan cahaya Tyndall di stroma iris juga menyebabkan munculnya mata biru, hijau, dan coklat.

BACA JUGA:Hati-Hati Gangguan Kesehatan Mental dan Mata, Bila Anak Kecanduan Gadget

Berikut ini penjelasan mengenai warna bola mata yang dominan pada manusia di muka bumi ini. Ada 9 varian warna bola mata yang dominan pada manusia di muka bumi :

BACA JUGA:Minyak Biji Bunga Matahari Mengatasi Keriput, Bisa Menurunkan Kolesterol dan Trigliserida

1. Mata Coklat 

Jumlah populasi manusia di dunia yang memiliki iris warna bola mata coklat atau berpigmen gelap adalah yang terbesar, yakni sebanyak 70 hingga 80 %. Peneliti dari American Academy of Ophthalmology, menyatakan bahwa setiap orang di planet bumi memiliki mata coklat sudah sejak ribuan tahun lalu, tepatnya 10.000 tahun lalu.

BACA JUGA:Ternyata Negara Ini dengan Nilai Mata Uang Termahal yang Ada di Dunia

Warna bola mata coklat yang paling umum ini biasanya dimiliki oleh masyarakat yang berada di kawasan Asia Timur, Afrika, dan Asia Tenggara. Sementara itu untuk warna bola mata coklat muda, biasanya dimiliki oleh orang-orang Asia Barat, Eropa, dan Amerika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: