BANNER KPU
HONDA

7 Fakta Mata Kucing, Bisa Melihat di Cahaya Redup dan Gelap

7 Fakta Mata Kucing, Bisa Melihat di Cahaya Redup dan Gelap

Bisa melihat di cahaya redup dan gelap, ini 7 fakta mata kucing.--Foto: Freepik.com/Carkhe

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Kucing adalah salah satu hewan predator yang cukup tangguh. Mereka mampu memburu berbagai jenis mangsanya secara presisi dan tanpa kesulitan, meskipun dilakukannya pada malam hari.

Hal ini tidak terlepas dari kemampuan penglihatan kucing yang sangat tajam. Mata kucing menyimpan berbagai macam fitur canggih yang mendukung kucing untuk tetap bisa melihat dengan akurat meskipun dalam kondisi minim cahaya.

Namun, bagaimana hal tersebut bisa terjadi, mari simak tentang fakta mata kucing berikut ini.

BACA JUGA:Hewan Kesayangan Nabi, Tapi Tidak Akan Masuk Surga, Zaman Mesir Kuno Kucing Jadi Pengusir Tikus

1. Membuka pertama kali umur 7 hari

Anak kucing atau kitten terlahir dengan kondisi mata masih tertutup dan tuli. Seiring dengan perkembangannya, sehingga kemampuan penglihatan dan pendengaran akan berkembang dengan sendirinya.

Dilansir dari International Cat Care, anak kucing akan membuka mata pertama kali saat memasuki usia, 1 sampai 2 minggu.

Salah satu mata bisa terbuka lebih dulu, atau keduanya membuka secara bersamaan. Jika salah satu mata masih menutup, jangan dipaksa untuk dibuka. Tunggu saja beberapa waktu agar bisa membuka secara alami.

BACA JUGA:Mitosnya Tabrak Kucing Bakal Sial, Apalagi Kalau Sampai Mati, Sebaiknya Segera Dikubur

2. Mampu melihat dengan jelas dalam kondisi cahaya yang minimal

Kucing adalah makhluk yang aktif ketika menjelang malam hari. Perilaku ini tentu didukung dengan kekuatan penglihatan yang sangat tajam dalam kondisi minim cahaya.

Dilansir dari Live Science, kucing memiliki jumlah sel-sel batang, atau rod cells 6 sampai 8 kali lipat lebih banyak dari manusia.

Sel batang inilah yang sangat sensitif terhadap cahaya dalam jumlah kecil, sehingga dapat berada dalam situasi cahaya redup, kucing tetap bisa melihat dengan jelas.

MSD Vet Manual menambahkan, banyaknya jumlah sel batang yang dimiliki kucing tersebut, sehingga membuatnya mampu melihat dalam gelap 6 kali lebih jelas dari manusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: