HONDA

Pemprov Gelar Workshop Penyusunan Pelaporan Kinerja Perangkat Daerah untuk Tingkatkan SAKIP

Pemprov Gelar Workshop Penyusunan Pelaporan Kinerja Perangkat Daerah untuk Tingkatkan SAKIP

Pemprov Gelar Workshop Penyusunan Pelaporan Kinerja Perangkat Daerah untuk Tingkatkan SAKIP--

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Upaya meningkatkan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) dan mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, dalam hal penyusunan pelaporan kinerja perangkat daerah. 

Biro Organisasi Pemerintah Provinsi Bengkulu menggelar Workshop yang diikuti perwakilan setiap Organisasi Perangkat Daerah di ruang Pola Pemda Provinsi Bengkulu, Selasa (28/11). 

BACA JUGA:Buku 'Bengkulu Hebat', Karya ke-10 Gubernur Rohidin

Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Bengkulu Nandar Munadi mengungkapkan, acara ini guna menguatkan aspek pelaporan kinerja dalam rangka memberikan pemahaman yang lebih teknis.

Agar pelaporan kinerja dapat disusun dengan baik sesuai pedoman peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

"Laporan kinerja merupakan pertanggungjawaban perangkat daerah, yang menggambarkan capaian kinerja setiap tahunnya. Jadi, pelaporan kinerja merupakan bagian dari sistem yang tidak bisa dilupakan sehingga diperlukan data, informasi dan analisa yang tepat," ujarnya saat membuka acara Workshop penyusunan laporan kinerja perangkat daerah pemerintah Provinsi Bengkulu tahun 2023.

Lebih lanjut, untuk menguji data informasi sesuai mekanisme penyusunan laporan kinerja perangkat daerah, maka dilakukan review oleh aspek regulasi dalam hal ini Inspektorat Provinsi Bengkulu. 

BACA JUGA:Gubernur Rohidin: Muhammadiyah Jangan Pernah Mundur

Optimalisasi manajemen kinerja, lanjutnya lagi, akan terus dilakukan baik dari sisi prasarana, peningkatan SDM, maupun sistem penunjang lainnya. 

Jika sistem ini berjalan dengan baik, akan terus meningkatkan nilai SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan) Provinsi Bengkulu. 

"Ikuti Workshop ini dengan baik, sehingga kualitas pelaporan kinerja perangkat daerah meningkat. Sajikan data secara lengkap dari masing-masing OPD, sehingga nantinya mempengaruhi peningkatan nilai SAKIP Pemerintah Provinsi Bengkulu," jelas Nandar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: