HONDA

Awan Mendung Menyelimuti Bengkulu Tapi Tidak Hujan, Ini Penyebabnya

Awan Mendung Menyelimuti Bengkulu Tapi Tidak Hujan, Ini Penyebabnya

Ini penyebabnya awan mendung menyelimuti Bengkulu tapi tidak hujan.--Foto: Ilustrasi pexels.com/Pixabay

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Beberapa waktu setelah musim kemarau berlalu, sekarang ada hal aneh yang terjadi di langit Kota BENGKULU.

Mendung selalu menyelimuti langit kota, namun yang menjadi hal adalah langit yang mendung akan tetapi hujan tak juga turun. Keanehan cuaca ini menjadi tanda tanya bagi seluruh masyarakat yang ada di Bengkulu. 

Ada yang mengaitkan hal ini dikarenakan proyek pembangunan jalan layang yang ada di Danau Dendam Tak Sudah.

Beberapa warga mengatakan karena proyek tersebut masih dalam tahap penyelesaian jadi dipindahkan hujannya ke daerah lain. 

BACA JUGA:TNI-Polri, Satpol dan BPBD, DLHK dan OPD Bersihkan Pasar dan Tanam Pohon, Antisipasi Musim Hujan

"Mungkin gara-gara proyek pembangunan jalan di Danau Dendam sampai tidak jadi hujannya padahal dari tadi mendung dan sempat gemuruh petir," ucap Nur salah satu warga Panorama, Kamis, 7 Desember 2023.

Langit yang senantiasa mendung tapi tidak hujan ini menjadi perbincangan hangat di masyarakat Kota Bengkulu.

Perkiraan cuaca di Kota Bengkulu hari ini saja 7 Desember 2023 pada jam 13.00 sampai jam 16.00 diperkirakan hujan ringan di sebagian daerah namun belum ada tanda-tandanya hujan akan turun. 

Hal ini menjadi tanda tanya apa yang sebenarnya terjadi pada cuaca di Kota Bengkulu. Sedangkan Desember ini harusnya telah berlangsung musim penghujan. 

BACA JUGA:5 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Tetap Prima Saat Musim Hujan

Ternyata perlu diketahui mengapa mendung tidak selalu mengakibatkan hujan. Kenali tahapan-tahapan penyebab langit menjadi mendung. 

1. Tahap Evaporasi

Tahap evaporasi ini dimulai dari panas sinar matahari yang membuat beberapa sumber air mengalami penguapan, seperti air danau, sungai, dan air laut. 

2. Tahap Kondensasi 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: