HONDA

Jalatunda, Sumur Raksasa Dieng, dapat Mengabulkan Permintaan

Jalatunda, Sumur Raksasa Dieng, dapat Mengabulkan Permintaan

Jalatunda, Sumur Raksasa Dieng, dapat Mengabulkan Permintaan--rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Pegunungan Dieng, merupakan kawasan pegunungan yang membentang dari wilayah barat Kabupaten Wonosobo, wilayah timur Kabupaten Banjar Negara.

Yakni wilayah selatan Kabupaten Batang dan Kabupaten Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah dan sekaligus menjadi batas alami wilayah keempat kabupaten tersebut. 

BACA JUGA:Olah Lahan Pertanian dengan Trico-G, Ampuh Cegah Jamur Patogen dan Penyakit Rebah Kecambah

Adapun puncak tertinggi di pegunungan Dieng berada di Gunung Parahu yang punya ketinggian lebih dari 2.590 meter di atas permukaan laut.

Wilayah di pegunungan Dieng beriklim tropis, karena pada lebih kurang 2.000 di atas permukaan laut serta terhimpit oleh empat gunung.

BACA JUGA:5 Manfaat Labu Kuning, Kandungan Gizinya Baik untuk Kesehatan, Cegah Diabetes dan Bantu Diet

Selain itu, tumbuhnya semak-semak dan udaranya yang dingin. Maka menjadikan pegunungan Dieng sebagai wilayah yang memberikan pemandangan alam yang sangat mempesona. Secara administratif, Dieng meliputi Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjar Negara.

Adapun wilayah Kabupaten Wonosobo di bagian timur disebut dengan Dieng Wetan, sedangkan di wilayah bagian baratnya di Kabupaten Banjar Negara di sebut dengan Dieng Kulon.

BACA JUGA:Canggih! Ini 5 Rekomendasi Smart TV Terbaik Desember 2023

Namun secara teritorial antara Dieng Kulon dengan Dieng Wetan dibatasi oleh sungai kecil yang bernama Kali Tulis.

Wilayah Dieng terletak di sebelah barat Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Sehingga pemandangan panorama di sekitarnya tampak asri dengan dikelilingi gunung-gunung yang menjulang tinggi.

BACA JUGA:Kisah Miris Mantan Atlet Peraih Medali Emas, Kini Hidup Susah Jualan Batagor

Sebagian peninggalan budaya dan wilayah geografis Dieng telah dijadikan sebagai destinasi wisata serta dikelola secara bersama oleh kedua pemerintah setempat yaitu, Banjar Negara dan Wonosobo.

Jalatunda adalah sumur alami yang merupakan salah satu destinasi wisata, berada di kawasan dataran tinggi Dieng. Lokasi sumur Jalatunda, berada di Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjar Negara, Provinsi Jawa Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: