HONDA

5 Manfaat Daun Balakacida, Mempercepat Penyembuhan Luka, Kendalikan Gula Darah

5 Manfaat Daun Balakacida, Mempercepat Penyembuhan Luka, Kendalikan Gula Darah

5 Manfaat Daun Balakacida, Mempercepat Penyembuhan Luka, Kendalikan Gula Darah --rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Ada banyak sekali jenis dedaunan yang dapat digunakan sebagai obat herbal, salah satunya daun balakcida. Ada sebagian orang menyebutnya dengan nama rumput merdeka.

Sebenarnya jenis daun ini merupakan gulma pengganggu, namun ada sebagian orang yang mempercayai bahwa daun ini mempunyai khasiat untuk kesehatan.

BACA JUGA:Harus Tahu! Ini Larangan Saat Menggunakan Behel untuk Memperbaiki Senyuman Anda

Balakacida dengan nama ilmiahnya Chromolaena Odorata merupakan salah satu jenis gulma pengganggu yang berasal dari family asteraceae.

Tumbuhan balakacida memiliki ciri-ciri daun yang berbentuk oval dan bergerigi di bagian tepinya, dengan tekstur sedikit agak kasar serta bulu halus yang ada pada bagian batangnya.

BACA JUGA:Berbagai Tradisi Unik Perayaan Natal di Indonesia, Simbol Kebersamaan

Daun balakacida juga memiliki bunga berwarna putih, bergerombol dan mekar setiap musim kemarau.

Pertumbuhan balakacida sangat cepat, terutama karena dapat asupan sinar matahri yang cukup. Namun di tempat yang sulit terkena sinar matahari, gulma ini akan sulit untuk tumbuh.

BACA JUGA:Peringati Hari Nusantara, Pemprov Bengkulu Bagikan 1.500 Kilogram Ikan Gratis untuk Masyarakat

Oleh karena pertumbuhannya yang sangat cepat dan dapat tumbuh besar, maka dapat merusak tanaman yang dibudidayakan. Gulma ini dapat tumbuh dan tersebar di seluruh wilayah, karena tumbuhan ini dapat tumbuh di daerah kering, pegunungan hingga lahan basah seperti rawa-rawa.

Istilah balakacida berasal dari bahasa Sunda yang berarti berantakan, sedangkan istilah rumput merdeka adalah sebutan masyarakat dari daerah Pasemah Air Keruh, Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan yang berarti ada dimana saja.

BACA JUGA:9 Tanda Kucing Pembawa Rezeki Bagi Pemiliknya

Gulma ini ada juga yang menyebutnya kirinyuh, siam weed dan rumput menjangan. Daun balakacida punya beberapa senyawa khas tanaman atau fitonutrien, diantaranya adalah flavonoid, alkaloid, saponin, tanin dan steroid.

Cara merebus daun balakacida untuk pengobatan herbal cukup sederhana, kamu hanya perlu merebus 9-12 lembar daunnya, lalu direbus dengan menggunakan air hingga mendidih. Kemudian siap disajikan dengan cara diminum sebanyak dua kali sehari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: