HONDA

Begini Menurut Islam Mengenai Hukum Karma dalam Dosa yang Ditanggung

Begini Menurut Islam Mengenai Hukum Karma dalam Dosa yang Ditanggung

Begini Menurut Islam Mengenai Hukum Karma dalam Dosa yang Ditanggung--Instagram//shollallohu_ala_muhammad/rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Hukum karma merupakan ajaran hindus, yaitu “hukum balasan” yang berdasarkan atas keadilan murni. 

Perbuatan yang kita lakukan yang baik, biasanya akan dibalas kebaikan. Begitupun sebaliknya, hal ini berkaitan dengan dosa yang ditanggung seseorang tersebut. 

Bagaimana islam meyikapi hukum karma dari dosa atas perbuatan yang kita lakukan. 

BACA JUGA:Mitos Telinga Berdenging Pertanda Sedang Digunjing? Ini Pandangan Menurut Islam

Dalam kanal youtube Habib Jafar “Jeda Nulis” Beliau melakukan tanya jawab dari seorang netizen @wulan,” bib aku khawatir nanti anak saya akan kena karma saya, bahkan lebih parah karena kenakalannya”?


--Instagram//huseinjafaralhadarfans/rakyatbengkulu.com

Perbuatan dosa seseorang yang ditanggungnya sendiri terdapat dalam firman Allah SWT dalam surat Al-An’am ayat164 yang berbunyi:

• قُلْ اَغَيْرَ اللّٰهِ اَبْغِيْ رَبًّا وَّهُوَ رَبُّ كُلِّ شَيْءٍۗ وَلَا تَكْسِبُ كُلُّ نَفْسٍ اِلَّا عَلَيْهَاۚ وَلَا تَزِرُ وَازِرَةٌ وِّزْرَ اُخْرٰىۚ ثُمَّ اِلٰى رَبِّكُمْ مَّرْجِعُكُمْ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ فِيْهِ تَخْتَلِفُوْنَ

Artinya : “Katakanlah (Muhammad), Apakah aku mencari tuhan selain Allah, padahal Dialah Tuhan bagi segala sesuatu. Dosa seseorang dirinya sendiri yang bertanggung jawab. Dan seseorang tidak akan memikul beban dosa atas orang lain. Kemudian kepada Tuhan-mulah akan kembali, dan akan diberitahukanNya kepadamu apa yang dahulu kamu perselisihkan.”

BACA JUGA:Abidzar Menjadi Wali Nikah Adiba Khanza, Berikut Syarat Wali Nikah dalam Hukum Islam

Sesuai dengan firman Allah SWT tersebut dan beberapa firman lain, ditegaskan bahwa setiap orang itu akan menanggung dosanya sendiri dan tidak akan menanggung dosa orang lain.

“Para mufasir ketika membahas tentang ayat ini menjelaskan bahwa dalam Islam tidak ada hukum karma dalam artian seseorang menanggung akibat dari dosa yang dilakukan orang lain”, jawab Habib Jafar.

BACA JUGA:Ustad Abdul Somat Ingatkan Tanda-tanda Orang Munafik, Islam Melarang Keras

Hadist Nabi dalam Riwayat Imam Muslim menyebutkan : “Siapa yang membuat tradisi atau edukasi yang buruk maka baginya dosa keburukan yang telah dia lakukan dan baginya juga dosa orang-orang yang ikut melakukan keburukan tersebut”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"