HONDA

Menilik Suku Bedey di Bangladesh, Menjelajah Kehidupan di Atas Perahu

Menilik Suku Bedey di Bangladesh, Menjelajah Kehidupan di Atas Perahu

Menilik Suku Bedey di Bangladesh, Menjelajah Kehidupan di Atas Perahu--rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Bangladesh, resminya adalah Republik Rakyat Bangladesh yang merupakan sebuah  negara di Asia Selatan dan berbatasan dengan di sebelah barat, utara dan timur berbatasan dengan India.

Sebelah tenggara berbatasan dengan Myanmar dan sebelah selatan berbatasan dengan Teluk Benggala.

BACA JUGA:Ini ! 6 Kriteria Wajib dalam Pelipatan Surat Suara Pemilu 2024, Honor Rp 600 Ribu per Boks

Bangladesh bersama dengan Benggala Barat di India membentuk kawasan etno linguistik Benggala.

Hal tersebut secara harfiah bermakna ‘Negara Bangla’, dengan ini kota dan kota terbesarnya adalah Bangladesh adalah Dhaka.

BACA JUGA:Alhamdulillah! Gaji PPPK Tahun 2024 Nusa Tenggara Barat 414 Miliar: Bima Terbesar

Melalui pemisahan India di tahun 1947, perbatasan Bangladesh ditetapkan. Dimana negara tersebut adalah sayap timur Pakistan (Pakistan Timur) yang terpisah dari Sayap Barat (Pakistan Barat) sejauh 1.600 km.

Ada perbedaan politik, bahasa dan ekonomi telah menimbulkan perpecahan antara kedua sayap. Hingga pada akhirnya meletuslah perang kemerdekaan pada tahun 1971 serta pendirian negara Bangladesh.

BACA JUGA:Gaji PPPK Tahun 2024 Bali 402 Miliar: Terbesar Kabupaten Badung dan Tabanan,

Pada tahun-tahun setelah kemerdekaan ditandai dengan bencana kelaparan, bencana alam, kemiskinan, huru-hara politik, korupsi serta kudeta militer.

Negara Bangladesh berada di Delta Gangga Brahmaputra yang sangat subur, dimana negara ini mengalami banjir muson dan siklon tahunan.

BACA JUGA:Alhamdulillah! Gaji PPPK Tahun 2024 Sulawesi Selatan 637 Miliar: Kota Makassar Terbesar

Sebagian besar negara Bangladesh berada 12 meter di bawah permukaan laut, dimana sekitar 50 persen tanah akan banjir bila permukaan laut naik hingga 1 meter. Adapun titik tertinggai daratam di negara ini berada di pegunungan Mowdok, yaitu pada ketinggian 1.052 meter.

Iklim di Bangladesh bersifat tropis, dengan musim dingin yang sejuk dari bulan Oktober hingga Maret dan musim panas bersifat kering dan panas dari Maret hingga Juni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: