HONDA

Lumba-Lumba Vaquita Terancam Punah, Mamalia Laut Paling Langka, Hidup di Teluk California

Lumba-Lumba Vaquita Terancam Punah, Mamalia Laut Paling Langka, Hidup di Teluk California

Lumba-Lumba Vaquita Terancam Punah, Mamalia Laut Paling Langka, Hidup di Teluk California--Dokumen/Rakyatbengkulu.Com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.Com - Bila bicara tentang lumba-lumba tentu orang akan langsung paham dengan mamalia laut yang digambarkan sebagai hewan baik yang suka menolong ini. Mulai dari lumba-lumba abu-abu hingga yang berwarna pink. 

Tapi mungkin orang akan asing dengan nama lumba-lumba vaquita dari Meksico. Lumba-lumba vaquita dikenal sebagai 'smiling panda' lantaran punya lingkaran hitam di sekitar matanya dan garis tipis di sekitar mulut hingga ke insang. 

BACA JUGA:Bibir Kering? ini Manfaat Madu untuk Kesehatan Area Bibir: Juga Bisa Mencerahkan

Biasanya lumba-lumba vaquita ditemukan di perairan dangkal Teluk California, Meksiko. Ketika ada kapal mendekat, lumba-lumba ini akan reflek menjauh.

Sayang berdasarkan penelitian yang dilakukan World Wide Fund for Nature (WWF), lumba-lumba vaquita ini terancam punah. Kini jumlahnya hanya tersisa sekitar 10 ekor saja. 

BACA JUGA:Hemat di Kantong! Membasmi Kutu Kucing Menggunakan Sabun Cuci Piring

Lumba-lumba vaquita ditemukan tahun 1958. Sejak saat itu, lumba-lumba vaquita sering ditangkap menggunakan jaring insang oleh penangkap ilegal.

Lumba-lumba vaquita tergolong langka, bahkan banyak orang yang mengira hewan dengan nama latin Phocoena sinus ini adalah makhluk mitos. Soalnya hanya sedikit orang yang pernah melihatnya langsung.

BACA JUGA:5 Tips Mengatasi Kucing Buang Air Secara Sembarangan

Ahli Biologi Autonomous University of South California, Jorge Urban Ramirez mengatakan lumba-lumba ini terancam punah karena penangkapan ilegal yang merusak biodiversitas laut. 

Setidaknya satu dari lima lumba-lumba vaquita terjerat pada jaring insang yang ditunjukkan untuk ikan totoaba. Ikan totoaba ini pernah ditangkap secara berlebihan pada pertengahan 1970-an dan membuatnya menjadi ikan yang terancam punah juga.

BACA JUGA:Mengenal Kambing Gurun Alpine Ibex, Ahli Panjat Tebing, Berkerabat dengan Kijang

Hingga ada kesepakatan global, tentang larangan perdagangan ikan totoaba secara internasional. Nyatanya karena permintaan tinggi, nelayan ilegal tetap saja memburu ikan totoaba dan lumba-lumba vaquita.

Ada beberapa fakta menarik tentang lumba-lumba vaquita, yuk simak penjelasan para ahli dari University of South California. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: