HONDA

Penguin Kaisar Terbesar, Tingginya Lebih dari 1 Meter dan Bobot 35 Kg, Makanannya Udang dan Cumi

Penguin Kaisar Terbesar, Tingginya Lebih dari 1 Meter dan Bobot 35 Kg, Makanannya Udang dan Cumi

Penguin Kaisar Terbesar, Tingginya Lebih dari 1 Meter dan Bobot 35 Kg, Makanannya Udang dan Cumi--rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.Com - Ada banyak jenis penguin ternyata yang hidup di Antartika. Salah satunya adalah penguin kaisar atau nama latinnya Aptenodytes forsteri. Penguin ini jenis yang terbesar di antara seluruh famili penguin.

Sebab penguin kaisar ini tinggi badan mencapai lebih dari 1 meter, dengan bobot lebih 35 kg. Seperti jenis penguin lain, penguin kaisar juga memiliki kaki berjaring dan bulu tebal di seluruh tubuhnya yang kedap air. Penguin kaisar juga masuk spesies burung tidak dapat terbang.

BACA JUGA:Menilik Migingo, Pulau Kecil yang Diperebutkan 2 Negara, Terletak di Danau Victoria

Zoolog Inggris, George Robert Gray yang pertama kali mendeskripsikan ciri-ciri penguin kaisar pada tahun 1844.

Menurut dia ciri yang paling terlihat adalah garis kuning samar pada bagian lehernya. Dimana posisi garis kuning ini membedakan antara penguin kaisar dan penguin raja. 

BACA JUGA:Lumba-Lumba Vaquita Terancam Punah, Mamalia Laut Paling Langka, Hidup di Teluk California

Garis kuning pada leher penguin kaisar lebih mencolok dan membentuk lengkungan tegas di lehernya. Sementara populasi penguin kaisar bisa ditemukan di Benua Antartika atau kutub selatan bumi. 

Kawasan ini adalah daerah terdingin di belahan dunia paling selatan dengan suhu terendah mencapai -73° celcius. Penguin kaisar bersarang di sepanjang wilayah tepi pantai benua Antartika.

BACA JUGA:Bibir Kering? ini Manfaat Madu untuk Kesehatan Area Bibir: Juga Bisa Mencerahkan

Menariknya penguin kaisar dapat bertahan hidup di suhu dingin karena lapisan lemak setebal 2–3 cm pada tubuhnya. Lapisan lemak ini berguna menyimpan panas dan memisahkan udara dingin dari luar.

Makanan utama penguin kaisar adalah ikan, udang dan cumi-cumi. Sedangkan anatomi sayap yang pendek memungkinkan penguin ini untuk berenang hingga 15 km dan menyelam sampai kedalaman 900 kaki selama 18 menit.

BACA JUGA:Hemat di Kantong! Membasmi Kutu Kucing Menggunakan Sabun Cuci Piring

Karenanya , ikan yang dimakannya lebih besar daripada yang dimakan oleh penguin-penguin lebih kecil.

Pada periode masa kawin penguin kaisar terjadi sepanjang tahun pada bulan Juni-Agustus. Penguin jantan dewasa akan mengepakkan sayap untuk menarik perhatian betinanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: