HONDA

Air Terjun Bawah Laut, Pesona Air Terjun Mauritius, Ilusi Air Terjun Bawah Laut

Air Terjun Bawah Laut, Pesona Air Terjun Mauritius, Ilusi Air Terjun Bawah Laut

Air Terjun Bawah Laut, Pesona Air Terjun Mauritius, Ilusi Air Terjun Bawah Laut--rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.Com - Salah satu keunikan dunia adalah air terjun bawah laut di Negara Kepulauan Mauritius yang terletak di barat daya Samudera Hindia, 900 meter sebelah timur Madagaskar. 

Fenomena menakjubkan di Kepualauan Mauritius adalah ilusi air terjun di bawah laut. Begitu dilihat memang seperti melihat jurang di bawah permukaan air laut yang jernih. 

BACA JUGA:Rendah Kalori, Dapat Menurunkan Kolesterol, Berikut Manfaat Lain Mengonsumsi Seledri

Nyatanya fenomena indah itu tersebut merupakan pencampuran pasir dan lumpur yang menghasilkan pemandangan air laut seolah jatuh ke dalam jurang. 

Pesona khas air terjun bawah laut Kepulauan Mauritius ini dapat kamu lihat secara langsung di bagian barat pulau atau kamu juga bisa mencari tahu di dunia maya dengan nama Underwater Vortex Mauritius. 

BACA JUGA:Asyik! Jatah BOK Puskesmas di Yogyakarta 89 Miliar: KB 31 Miliar

Ada juga analisa mengenai air terjun bawah laut Kepulauan Mauritius yang serasa seperti jurang di bawah permukaan air laut yang jernih. Analisa ini juga berkaitan dengan pencampuran pasir dan lumpur yang menghasilkan pemandangan air terjun. 

Jernihnya air laut, membuat gerakan pasir yang mengalir seolah-olah seperti air terjun yang menjorok di dasar laut. Ini merujuk pada fenomena optik yang terjadi ketika air pasang naik dengan kecepatan tinggi.

BACA JUGA:Jatah BOK Puskesmas di Kepulauan Riau 66 Miliar: KB 22 Miliar

Saat air pasang turun tiba-tiba, terjadi aliran yang menyerupai air terjun dengan tebing air di atas terumbu karang. Fenomena yang sama bukan hanya terjadi di Pulau Mauritius saja, juga Pantai Tamarin dan Ppantai Le Morne.

Ketik ombak dan pasang sedang tinggi, kita akan melihat aliran air yang mirip air terjun turun di atas terumbu karang. Tentu ini menarik bagi pengunjung yang datang ke Kepulauan Mauritius.

BACA JUGA:5 Fenomena Alam yang Paling Mengerikan di Bumi

Tapi kamu harus tahu, fenomena ini terjadi hanya dalam kondisi tertentu, seperti saat ombak besar dan pasang tinggi saja.

Pemandangan air terjun dasar laut ini ada kaitannya dengan aktivitas vulkanik yang membentuk Kepulauan Mauritius. Pulau Mauritius merupakan pulau termuda di bumi dan berada di dataran tinggi bawah laut atau shelf ocean.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: