HONDA

Kampung Adat Miduana, Dihuni Keturunan Kerajaan, Warganya Berumur Panjang

Kampung Adat Miduana, Dihuni Keturunan Kerajaan, Warganya Berumur Panjang

Kampung Adat Miduana, Dihuni Keturunan Kerajaan, Warganya Berumur Panjang--rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Sebuah Kampung Adat Miduana yang terletak di Desa Balegede, Kecamatan Naringgul, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat adalah destinasi wisata baru yang memiliki daya tarik unik. Juga kekayaan budaya dan pesona keindahan alamnya yang khas pegunungan.

Dimana seperti surga yang tersembunyi, kampung  tersebut menawarkan pengalaman yang tidak terlupakan bagi para pengunjungnya.

BACA JUGA:Pesta Panen Raya di Kabupaten Lebong, OPD Turun ke Sawah, Fahrurrozi: Jangan Percaya Mitos

Sejarah Kampung Adat Miduana ini telah mencatat bahwa kampung ini didirikan oleh dua tokoh kembar keturunan dari Kerajaan Padjajaran, yaitu Eyang Jagat Nata dan Eyang Jagat Niti.

Sampai kini, keturunan mereka melanjutkan, menjaga tradisi dan menjadi penduduk tetap di kampung tersebut. Dimana mereka, menjunjung tinggi budaya leluhur dan menerapkannya dalam kehidupan kesehariannya.

BACA JUGA:Ingat! 8 Jenis Sayuran dan Buah-buahan Ini Sebaiknya Jangan Dikupas, Agar Tidak Kehilangan Manfaatnya

Baik itu dalam berpakaian maupun kegiatan sehari-hari, penduduknya memegang erat nilai-nilai adat yang turunkan secara turun temurun. Beberapa tradisi seperti Dongdonan Wali Salapan, Lanjaran Tatali Paranti, Mandi Kahuripan, Opatlasan Mulud, terus dijaga dan diajarkan kepada generasi mudanya.

Keunikan lain yang dapat ditemukan di kampung ini adalah para penduduknya berumur panjang. Dimana sebagian besar warga desa Miduana yang ada yang berusia diatas 100 tahun, namun mereka tetap bugar dan aktif.

BACA JUGA:Resmi Ditinggal Penduduknya, 5 Kota Mati di Indonesia, Salah Satunya Desa Puntingan

Sebagian dari mereka masih mampu untuk beraktivitas seperti pergi ke sawah dan lainnya. Warga Kampung Adat Miduana hidup dalam kondisi sehat, hal tersebut dikarenakan mereka memanfaatkan sumber daya alam sebagai bahan makanan.

Selain itu, masyarakatnya menjalani gaya hidup tradisional yang kuat serta dianggap lebih bahagia. Keunggulan lainnya yang mereka miliki adalah udara segar khas pegunungan yang masih alami. Dimana dengan adanya udara segar alami, akan memberikan nilai positif bagi masyarakat yang tinggal di sana.

BACA JUGA:Dengarkan Aspirasi Warga Mukomuko, Sultan Pastikan Stabilitas Harga Sawit Tetap Terjaga

Ini lah yang membuat Kampung Adat Miduana dijuluki sebagai salah satu surga yang tersembunyi di Tanah Pasundan. Bila kamu ingin berkunjung ke Kampung Adat Miduana, ada dua jalur yang dapat dilintasi. Adapun Jalur pertama merupakan jalur utara yang melewati Kabupaten Bandung.

Dalam perjalanan untuk menuju ke Kampung Adat Miduana, kamu akan disuguhi pemandangan yang indah hamparan perkebunan teh yang luas di kawasan Ciwidey, Rancabali, hingga Naringgul. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: