HONDA

Ini Informasi Kopi ! Awal Kopi Makanan Kambing Ditiru Penggembala Lalu Mendunia

Ini Informasi Kopi ! Awal Kopi Makanan Kambing Ditiru Penggembala Lalu Mendunia

Ini Informasi Kopi ! Awal Kopi Makanan Kambing Ditiru Penggembala Lalu Mendunia--DOK/RB

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM – Awal kopi ternyata dari makanan kambing. Ditiru yang sang penggembala yang penasaran lalu mendunia.

BACA JUGA:Ini Asal Usul Kopi ! Minuman Orang Islam Kedai Kopi Pertama di Dunia Ada di Mekah

BACA JUGA:7 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Bengkulu yang Wajib Dibawa Pulang, Ada Bay Tat Hingga Kopi Bengkulu !

Beberapa literatur, diantaranya ‘’Koffie-cultuur in Nederlandsch-lndie’’ karya Dr CJJ van Hall dan  ‘’All About Coffee’’ nya Willlian H Ukers menyebutkan bahwa cerita awal kopi ditemukan.

Seorang penggembala kambing di Kaffa Ethiopia, pada abad ke-9, bernama Kaldi, dikejutkan dengan perilaku aneh gembalaanya. Suatu ketika, Kaldi memperhatikan kambing-kambingnya terus beraktivitas sepanjang malam tanpa istirahat dalam suasana gembira.

Belakangan diketahui sebabnya adalah kambing tersebut memakan buah dan daun-daunan di semak-semak. Buah tersebut berbentuk biji merah seperti buah berry.

BACA JUGA:Coklat Panas, Bisa Gantikan Kopi di Pagi Hari, Bisa Juga Smooties atau Teh Hitam

BACA JUGA:Ngantuk Setelah Minum Kopi, Tubuh Membangun Toleransi pada Kafein, Kafein Halangi Efek Adenosine

Rasa penasaran Kaldi menggiringnya mencicip buah tersebut. Ternyata, efeknya dirasakan luar biasa. Dia merasakan lebih berenergi dan bersemangat sepanjang hari.

Apakah cerita itu benar atau tidak? Sejauh ini tidak ada petunjuk dan bukti-bukti. Hanya saja, kisah tertulis mengenai Kaldi baru muncul dalam manuskrip bertahun 1671.

Yang pasti tanaman kopi pertama ditemukan tumbuh liar di daerah Kaffa. Kata itu menjadi asal mula nama kopi. Kata “coffee” resmi menjadi bahasa Inggris pada 1598. Diadopsi dari bahasa Belanda, “koffie” yang mengambil dari bahasa Turki “kahve”. Kata ‘’kahve’’ itu berasal dari bahasa Arab “qahwa.”

BACA JUGA:Mengungkap Manfaat Ajaib Kopi untuk Kesehatan Rambut Anda

BACA JUGA:Inilah Daerah Penghasil Kopi Terbaik di Indonesia, Ada Kopi Ijen, Kintamani dan Toraja


Kopi dipopulerkan menjadi minuman dunia oleh muslim yang sedang melakukan ibadah haji dan umrah di Mekah Arab Saudi.--DOK/RB

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: