HONDA

Jagung Hitam: Rendah Kadar Gula dan Tinggi Antioksidan, Cocok Dikonsumsi Bagi Penderita Diabetes

Jagung Hitam: Rendah Kadar Gula dan Tinggi Antioksidan, Cocok Dikonsumsi Bagi Penderita Diabetes

Jagung Hitam: Rendah Kadar Gula dan Tinggi Antioksidan, Cocok Dikonsumsi Bagi Penderita Diabetes --Badri/rakyatbengkulu

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Jagung hitam adalah jenis Jagung yang istimewa karena adanya pigmen yang membuat bijinya berwarna hitam pekat. 

Selain itu nilai nutrisinya pun juga sangat tinggi. Warnanya yang hitam bukanlah hasil rekayasa genetik (GMO), melainkan disebabkan adanya kandungan antosianin sejenis flavonoid.

Semakin beragamnya jenis tanaman seperti munculnya jagung hitam, akan beragam pula manfaat dan masalah kesehatan yang dapat diatasi. 

Namun, jangan lupa untuk menjaga pola hidup sehat dengan makanan yang sehat dan berolahraga secara teratur.

BACA JUGA:5 Resep Bumbu Jagung Bakar Pedas Manis Spesial Malam Tahun Baru 2024

Nah, jagung ini juga bisa dikeringkan lalu diolah menjadi tepung hitam untuk membuat roti. Karena tak hanya tampilannya yang eksotis, jagung ketan hitam juga kaya akan nutrisi yang baik bagi kesehatan. 

Beberapa nutrisi tersebut diantaranya yaitu asam filkat, asam amino, potasium, kalsium, selenium, niasin, zat besi, serat dan lemak sehingga cocok bagi masyarakat yang peduli terhadap kesehatan dan menjaga hidup sehat apalagi ada penyakit diabetes atau kencing manis.

Rasa jagung hitam ini tawar dan merupakan jenis jagung yang paling tidak manis di seluruh dunia.

Hal ini dikarenakan kadar gula yang ada di dalam jagung hitam lebih rendah dibandingkan jagung lainnya seperti jagung manis pada umunya yang kerap menjadi makanan khas saat melewati tahun baru 2024.

BACA JUGA:Rutin Mengonsumsi Jagung Rebus Bisa Sembuhkan Asam Lambung, Ini Dia Faktanya

Solusinya jika masyarakat yang merayakan tahun baru dan tidak mau kalah tren dengan anak muda, jagung hitam bisa jadi solusinya apalagi disantap bersama keluarga tercinta melewati malam pergantian tahun.

Kandungan antioksidan yang tinggi di jagung hitam memiliki kandungan antioksidan yang jauh lebih tinggi dan sangat penting bagi tubuh kita.

Antioksidan adalah vitamin, nutrisi, atau zat lainnya yang berfungsi untuk menjaga dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak akibat polusi atau pola makan yang buruk, serta adanya zat-zat kimia yang berbahaya.

Nah, jagung hitam diyakini mampu menyembuhkan diabetes. Mengkonsumsi jagung hitam secara teratur dapat membantu menyeimbangkan kadar gula dalam darah sehingga dapat mengatasi masalah diabetes yang dialami. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: