HONDA

Ini Dia 5 Cara Mudah Memilih Kain Batik Berkualitas Premium, Kolektor Wajib Tahu!

Ini Dia 5 Cara Mudah Memilih Kain Batik Berkualitas Premium, Kolektor Wajib Tahu!

Kolektor wajib tahu, ini dia 5 cara mudah memilih kain batik berkualitas premium.--Foto: Freepik.com/freepik

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Memilih batik berkualitas memang tak gampang. Ada 5 cara mudah memilih kain batik berkualitas premium yang wajib diketahui para kolektor.

Kain batik hadir dengan beragam tingkat kualitas yang mempengaruhi tingkat kenyamanan saat mengenakannya. Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli batik.

Salah satunya adalah bagaimana cara membedakan batik asli dengan batik printing. Sebelum membeli batik, salah satu yang perlu diperhatikan adalah soal keasliannya.

Batik printing tidak bisa disebut sebagai batik asli Indonesia. Pasalnya, batik khas Indonesia terdiri dari batik tulis, batik cap, atau kombinasi keduanya.

BACA JUGA:Kenalkan Batik Besurek Bengkulu: Malam Puncak HUT ke-55 Provinsi Kepala OPD Pemprov Bergaya Ala Model Fashion

Bukan rahasia lagi, semakin berkualitas kain batiknya, maka harga yang ditawarkan juga semakin tinggi. Karena kain batik juga dapat menjadi investasi.

Harga kain batik juga bisa dipengaruhi oleh tingkat kesulitan proses pembuatannya. Oleh karena itu dibutuhkan tips dalam memilih batik yang berkualitas.

Ini dia 5 cara mudah memilih kain batik berkualitas premium yang wajib diketahui para kolektor.

1. Perhatikan Jenis Kain Batik

Ada baiknya untuk memperhatikan jenis kain batik yang akan dikenakan. Pasalnya, kain batik tulis memiliki kualitas yang lebih bagus dibandingkan batik cetak ataupun cap.

BACA JUGA:Peragaan Busana Batik Besurek, Meriahkan Malam Syukuran HUT ke- 55 Provinsi Bengkulu

Harga keduanya juga berbeda, batik tulis cenderung lebih mahal. Proses pembuatan batik tulis lama karena dibutuhkan keterampilan tinggi dengan alat khusus yang berupa canting.

Cara pembuatan batik dengan pencantingan merupakan cara tradisional dan identik dengan nilai sejarah. Maka tidak heran jika harganya juga melambung tinggi dan juga lebih banyak peminatnya.


Kain batik hadir dengan beragam tingkat kualitas yang mempengaruhi tingkat kenyamanan saat mengenakannya.--Foto: Freepik.com/freepik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: