HONDA

Ini ! Ada 3 Level Minum Kopi Ala Turki, Rakyat Jelata Masuk yang Mana ?

Ini ! Ada 3 Level Minum Kopi Ala Turki, Rakyat  Jelata Masuk yang Mana ?

Ini ! Ada 3 Level Minum Kopi Ala Turki, Rakyat Jelata Masuk yang Mana ?--DOK/RB

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM – Ada 3 level dalam menikmati sajian minum kopi ala Turki. Menurut kamu, masyarakat umum, pegawai rendahan, rakyat jelata masuk level berapa? 

BACA JUGA:Ini ! 4 Jenis Kopi Unggulan yang Menjadikan Indonesia sebagai Negara Penghasil Kopi Terbesar Dunia

BACA JUGA:Soal Kopi ! Perkebunan Pertama Kali dan Minum Kopi Asli Tanaman Indonesia, Orang Jawa Barat

Kopi Arabica yang berasal dari Arab Selatan tepatnya Pelabuhan Mocha Yaman adalah yang terbaik. Sampai-sampai komiditas itu digelari ratunya kopi dunia. Namun, kopi di awal-awal penemuannya masih sangat berharga, eksklusif dan dimonopoli.

Saking berharganya, penguasa Yaman mengeluarkan larangan dan mengancam hukuman mati bagi yang membawa tanaman kopi ke luar negaranya.  

Meski begitu, sebagian kecil tetap saja lolos hingga ke Eropa Barat. Bahkan, Gubernur Jenderal Hindia Belanda Jan van Hoorn, memperoleh tanaman kopi dan membawa serta menanamnya di Batavia.

BACA JUGA:Sejarah Kopi ! Kopi Jawa Arabika Musnah, Belanda Rugi Besar, Terancam Pailit

BACA JUGA:WOW ! 5 Jenis Kopi Paling Enak di Dunia, Asalnya dari Kotoran hingga Kunyahan Hewan Ini

Turki memiliki hubungan khusus dengan Yaman. Mereka memiliki dan menyimpan kopi terbaik itu untuk mereka sendiri. Tahun 1557, seorang Gubernur Ottoman bernama Ozdemir Pasha mengetahui ada minuman baru yang terbuat dari biji-bijian. Setelah mencoba, ia mengenalkannya kepada sultan yang kemudian membuat raja terkesan sehingga kopi disahkan sebagai minuman resmi kerajaan.

Berdasarkan tulisan Mevr. van Westrheene dalam ‘’Iets over Koffie , Koffiedrinkers en Koffiehuizen’’ di Buku ‘’ De Tijdspiegel’’ bagian pertama yang terbit tahun 1866, kopi unggulan yang mereka miliki itu terbagi lagi menjadi 3 jenis sesuai level dalam sosial kemasyarakatan, yaitu:

BACA JUGA:Menelusuri Aroma Sejarah Kopi: Asal Usul, Perjalanan di Indonesia dan Jejaknya Pertama Kali

BACA JUGA:Jejak Sejarah Budidaya Kopi Bengkulu ! Istilah Kawe Hingga Kawo Yang Diadopsi dari Timur Tengah


Di Turki, kopi unggulan yang mereka miliki itu terbagi lagi menjadi 3 jenis sesuai level dalam sosial kemasyarakatan.--DOK/RB

BACA JUGA:Asal Usul Kopi Kawo di Kerinci, Nelangsa Petani Pada Zaman Belanda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: