HONDA

Apa Itu Nyctophobia? Kenali Penyebab dan Gejala Sindrom Berbahaya Ini

Apa Itu Nyctophobia? Kenali Penyebab dan Gejala Sindrom Berbahaya Ini

Sindrom berbahaya, kenali penyebab dan gejala nyctophobia.--Foto: Freepik.com/ freepik

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Ada banyak jenis fobia, salah satunya nyctophobia. Apa itu nyctophobia? Kenali penyebab dan gejala sindrom berbahaya ini.

Nyctophobia adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan ketakutan atau kecemasan yang berlebihan terhadap kegelapan atau malam.

Pengidap nyctophobia tidak hanya takut gelap, tetapi juga merasa cemas, gelisah bahkan mengalami kepanikan ketika berada dalam situasi yang gelap atau saat malam tiba.

Fobia ini dapat menimbulkan dampak signifikan pada kehidupan sehari-hari dari pengidapnya, seperti saat tidur, bepergian atau melakukan kegiatan tertentu di malam hari. 

BACA JUGA:Bisa Menenangkan Pikiran, Mengurangi Stres dan Kecemasan, Manfaat Menggunakan Aroma Terapi

Bahkan, ketakutan tersebut tidak hanya muncul saat pengidapnya berada di kegelapan, tetapi bisa juga saat membayangkan situasi gelap, melihat film berlatar malam hari atau berada di suatu tempat dengan pencahayaan yang redup.

Jika tidak segera diobati, pengidap nyctophobia yang parah dapat menghindari situasi apa pun yang tidak memiliki cukup cahaya.

Mereka memilih untuk segera tinggal di dalam ruangan setelah matahari terbenam dan menghindari situasi sosial yang mengharuskan mereka keluar saat gelap.

Nyctophobia sering kali disebabkan oleh pengalaman traumatis yang terjadi ketika gelap atau saat malam hari, misalnya pernah mengalami perampokan di malam hari.


Pengidap nyctophobia tidak hanya takut gelap, tetapi juga merasa cemas, gelisah bahkan mengalami kepanikan ketika berada dalam situasi yang gelap atau saat malam tiba.--Foto: Freepik.com/ freepik

BACA JUGA:Diyakini Ampuh Jadi Obat Kolesterol Hingga Asam Urat, Ini 5 Manfaat Daun Sukun untuk Kesehatan

Hal ini membuat seseorang selalu waspada saat malam datang, sehingga nyctophobia juga kerap dikaitkan dengan gangguan stres pascatrauma. 

Pada beberapa kasus, nyctophobia juga bisa terjadi karena terlalu sering menonton film horor atau mendengarkan cerita yang menyeramkan atau menyedihkan.

Gambaran dari film atau cerita tersebut dapat menghantui seseorang hingga ia merasa takut terus-menerus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: