HONDA

4 Amalan yang Perlu Dilakukan di Bulan Rajab, Siapkan Hari ini!

4 Amalan yang Perlu Dilakukan di Bulan Rajab, Siapkan Hari ini!

Siapkan hari ini! 4 amalan yang perlu dilakukan di bulan rajab.--Foto: Freepik.com/freepik

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Bulan Rajab menjadi bulan yang diharamkan untuk melakukan perbuatan zalim hingga diistimewakan oleh Allah SWT. Ada 4 amalan yang perlu dilakukan di bulan Rajab, siapkan hari ini juga.

Tentunya kalau dihitung menurut tanggal Islam bulan Rajab jatuh pada hari Sabtu, 13 Januari 2024 hari ini.

Saat yang mulia pada bulan Rajab ini segala perbuatan yang baik akan mendapatkan ganjaran pahala yang jauh lebih besar dibandingkan pada bulan-bulan lainnya.

Begitu juga sebaliknya jika seorang muslim melakukan suatu kemaksiatan pada bulan ini maka Allah SWT juga akan menggandakan balasan dosa bagi orang tersebut.

BACA JUGA:Keistimewaan dan Kemuliaan Bulan Rajab: Doa dan Permintaan Dikabulkan oleh Allah SWT

Hal ini seperti tertuang hadits yang diriwayatkan Ibnu Abbas yakni:

"Allah mengkhususkan empat bulan tersebut sebagai bulan haram, dianggap sebagai bulan suci, melakukan maksiat pada bulan tersebut dosanya akan lebih besar, dan amalan sholeh yang dilakukan akan menuai pahala yang lebih banyak”.

Ada 4 amalan yang perlu kamu lakukan di bulan Rajab, siapkan hari ini juga bisa kamu lakukan yakni diantaranya :

1. Puasa

Puasa pada bulan Rajab sama besarnya pahala jika dilakukan pada bulan Ramadhan, namun puasa sunah ini akan dilipatgandakannya pahala tersebut oleh Allah SWT. 

BACA JUGA:TAUSIYAH: Keistimewaan Bulan Rajab

Hadits riwayat Imam Al-Ghazali menerangkan bahwa:

"Hari utama dianjurkan puasa pada setiap pergantian bulan, yaitu hari awal, pertengahan, dan akhir bulan. Pertengahan bulan adalah ayyamul bidh, yaitu tanggal 13, 14, dan 15."

Menurut hadist tersebut jikalau untuk puasa Rajab dapat dilakukan pada hari-hari utama saja, yaitu pada awal, pertengahan, dan akhir tidak seperti bulan Ramadhan yang satu bulan full umat Islam berkewajiban berpuasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: