HONDA

Suami Wajib Ajarkan Agama, Termasuk Nafkah Lahir dan Batin, Istri Adalah Tanggung Jawab Suami

Suami Wajib Ajarkan Agama, Termasuk Nafkah Lahir dan Batin, Istri Adalah Tanggung Jawab Suami

Suami Wajib Ajarkan Agama, Termasuk Nafkah Lahir dan Batin, Istri Adalah Tanggung Jawab Suami--rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.Com - Setelah ijab kabul dan pernikahan dinyatakan sah, maka salah satu kewajiban suami adalah memberikan nafkah untuk istrinya. Sebab saat setelah sah sebagai suami istri hak dan kewajiban masing-masing akan menyertai. 

Seorang istri, merupakan tanggung jawab suami. Dalam Surah An-Nisa ayat 34, Allah, SWT sudah menegaskan bahsa suami wajib memberikan nafkah pada istrinya.

BACA JUGA:3 Perang Paling Konyol dalam Sejarah Dunia, Ada yang Penyebabnya karena Mabuk

Allah, SWT berfirman "Laki-laki (suami) adalah penanggung jawab atas para perempuan (istri) karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (perempuan) dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari hartanya."

Saat kutbah haji wada' Rasulullah, SAW menegaskan bahwa suami wajib menafkahi istrinya. "Bertakwalah kepada Allah dalam soal wanita, sebab mereka itu adalah tawanan di tangan kalian. Kalian ambil mereka dengan amanat Allah dan kalian halalkan kemaluannya dengan kalimat Allah. Bagi mereka rezkinya atas kalian, begitu pula pakaiannya, dengan cara yang makruf." 

BACA JUGA:7 Manfaat Luar Biasa Air Jahe dan Lemon, Termasuk Turunkan Berat Badan dan Perut Buncit

Apa saja yang menjadi tanggungjawab seorang suami, yuk simak penjelasannya berikut ini. Semoga para suami dapat menafkahi istri sesuai dengan kemampuannya dan sitri ridho dengan nafkah yang diberikan suaminya. 

 

Nafkah Batin 

Nafkah untuk istri bukan hanya nafkah lahir saja, ada nafkah batin yang menyertai. Sekurang-kurangnya diberikan sekali dalam sebulan dan pasangan harus saling ridho. 

BACA JUGA:Mitos atau Fakta, Mual dan Muntah Saat Hamil Pertanda Janin Kuat?

Bila suami memberikan nafkah batin pada istrinya, itu bentuk upaya mendirikan kehidupan rumah tangga yang rukun dan harmonis.

Nafkah batin menurut buku Hari-Hari Bersama Rasulullah tulisan Genta Hidayah bisa berupa membahagiakan istri, mengajaknya bercanda, membuatnya tersenyum, menjaga dan menenangkan hatinya dan masih banyak lagi.

BACA JUGA:Bukan Cuma Kuliner Khas, Lemang Makanan Syarat Adat Pernikahan di Bengkulu yang Kental Filosofi Kehidupan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: