HONDA

Kalau Ingin Doa Terkabul, Ini Waktu-waktu Mustajab pada Bulan Ramadan

Kalau Ingin Doa Terkabul, Ini Waktu-waktu Mustajab pada Bulan Ramadan

Kalau ingin doa terkabul, ini waktu-waktu mustajab pada bulan Ramadan.--Bing.com/Hendri/rakyatbengkulu.com

BENGKULU,RAKYATBENGKULU.COM -  Terdapat 3 waktu terkabulnya doa pada bulan Ramadan, dimana bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh keberkahan.

Sehingga raihlah keutamaan pada bulan ramadan ini dengan terus memperbanyak doa-doa.

Didalam Surat Al-Baqarah ayat 186, yang artinya:

“Dan apabila hamba-hambaKu bertanya kepadamu tentangKu maka jawablah, kalau Aku adalah dekat, Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo’a kalau dia memohon kepadaKu, maka hendaklah mereka itu memenuhi segala perintahKu dan hendaklah mereka beriman kepadaKu, agar mereka selalu berada di dalam kebenaran.” 

Menurut Ibnu Katsir rahimahullah, dalam Tafsir Alquran Al-‘Azhim 2: 66 menerangkan kalau masalah ini disebutkan pada sela-sela penyebutan hukum puasa.

BACA JUGA:Sambut Bulan Suci Ramadhan, Lakukan 7 Amalan Ini Agar Ibadah Puasa Tanpa Gangguan

Hal ini menunjukkan tentang anjuran memperbanyak doa pada saat bulan itu sempurna, bahkan diperintahkan memperbanyak doa tersebut pada setiap kali berbuka puasa.

Dimana pernyataan yang disebutkan oleh Ibnu Katsir menjelaskan kalau bulan Ramadan merupakan salah waktu terkabulnya doa.

Akan tetapi doa tersebut mudah dikabulkan kalau seseorang tersebut memiliki keimanan yang benar.

Menurut Ibnu Taimiyah di dalam Majmu’ah Al Fatawa 14: 33-34 mengatakan, “Untuk terkabulnya doa tersebut disebabkan benarnya i’tiqod serta kesempurnaan ketaatan karena di akhir ayat disebutkan, dan hendaklah mereka beriman kepadaKu, supaya mereka selalu berada didalam kebenaran".

Selain itu untuk perihal bulan Ramadan merupakan bulan doa, hal ini dikuatkan lagi dengan hadits dari Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

BACA JUGA:Malam Istimewa, Berikut Amalan Penuh Berkah yang dapat Dikerjakan Pada Malam Nisfu Sya'ban

”Sesungguhnya Allah SWT membebaskan beberapa orang dari api neraka setiap hari di bulan Ramadan, dan setiap muslim kalau dia memanjatkan doa, akan dikabulkan.” (HR. Al Bazaar. Al Haitsami dalam Majma’ Az-Zawaid, 10: 14 mengatakan kalau perawinya tsiqoh -terpercaya-. Lihat Jami’ul Ahadits, 9: 224)

Terdapat 3 waktu utama terkabulnya do’a pada bulan Ramadhan antara lain:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: