HONDA

Harga Duku Anjlok Hingga Tembus 5ribu Per Kilo, Bagaimana Dengan Petani Duku?

Harga Duku Anjlok Hingga Tembus 5ribu Per Kilo, Bagaimana Dengan Petani Duku?

Harga Duku Anjlok Hingga Tembus 5ribu Per Kilo, Bagaimana Dengan Petani Duku?--Tiktok/love fruits

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM  - Harga duku di Bengkulu dan berbagai daerah anjlok hingga tembus Rp 5ribu per kilogram, bagaimana dengan nasib petani

Pada awal musim, harga duku masih mencapai Rp 18ribu per kilogram namun, sekarang harga duku anjlok habis hingga hanya Rp 5ribu per kilogram dipenjualan Bengkulu dan sekitarnya.

Penurunan harga ini membuat para petani duku di Muara Enim dan sekitarnya menjerit petani mengaku tidak mendapatkan keuntungan dari penjualan duku dengan harga yang begitu rendah di pasaran.

Duku ini banyak yang berasal dari Sumatera Selatan beberapa kabupatennya termasuk di Muara Enim saat ini tengah panen duku yang berlimpah ruah sehingga harganya turun drastis. 

Duku yang tahun ini berlimpah ruah tidak tertampung lagi sehingga membuat harganya murah terlihat dari banyaknya pedagang duku yang muncul di berbagai sudut kota, baik di pasar tradisional maupun di pinggir jalan.

BACA JUGA:Masuk Musim Duku! Apa Aja Manfaatnya untuk Kesehatan? Simak Informasinya di Sini

Dengan harga jual di pasaran berkisar Rp 5.000 per kilogram, dan di tingkat petani bahkan hanya sekitar Rp 2.000 per kilogram sungguh miris namun berlimpahnya hasil duku menjadikan harganya turun.

Hal tersebut disampaikan oleh Andi Candra dikutip dari Sumeks.co bahwa, "Harga duku di tingkat petani Muara Enim anjlok hingga Rp 2.000 per kilogram sehingga membuat harganya murah dipasaran."

Ditambahkan oleh Andi Para tengkulak sekarang mengambil duku dari Komering karena kurangnya profesionalisme petani duku di Muara Enim dalam pengelolaan panen.

Sedangkan Petani duku di Komering menunjukkan profesionalisme dan dedikasi tinggi dalam menjaga kualitas buah duku dengan cita rasa khas yang manis dan lezat.

Diungkapkan Andi, "Komering dukunya lebih bagus. Saya bisa berangkatkan duku 10 truk sehari ke wilayah pulau Jawa dalam sehari".

BACA JUGA:5 Jenis Buah yang Baik Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa, Ketahui Juga 5 Buah yang Sebaiknya Dihindari

Puncak musim duku diperkirakan akan berlanjut hingga lebaran Idul Fitri nanti sehingga inilah yang menyebabkan daya jual duku anjlok drastis karena panen raya seluruh daerah.

Endang (37) petani duku Ujan Mas mengatakan anjloknya harga duku tidak sebanding dengan biaya perawatan kebun, "kebun harus di rawat dan putik duku harus di jaga harga anjlok saat ini tidak sebanding."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: