HONDA

Kenali Penyebab Tembok Rumah Retak, Berikut Cara Mengatasinya!

Kenali Penyebab Tembok Rumah Retak, Berikut Cara Mengatasinya!

Kenali Penyebab Tembok Rumah Retak, Berikut Cara Mengatasinya !--Freepik.com/Rawpixel.com

3. Perubahan cuaca juga bisa menjadi penyebab pada retaknya dinding rumah. 

Dimana ketika suhu meningkat material dan struktur bangunan akan mengembang, sedangkan curah hujan yang tinggi juga bisa menyebabkan penyusutan material.

dengan perubahan ini maka seiring waktu bisa menyebabkan retakan pada dinding.

4. Karena kegagalan struktur juga menjadi penyebab umum retakan pada dinding. 

BACA JUGA:Tren Terbaru 2024! Ini Dia Rekomendasi Warna Cat Tembok Rumah Minimalis

Adapun hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk beban berlebih, benturan keras, ataupun pergeseran tanah yang diakibatkan oleh gempa bumi. 

Selain itu, fondasi yang bermasalah atau rapuh juga bisa menjadi pemicu retaknya dinding, bahkan bisa menyebabkan runtuh bagian bangunan.

5. Dikarenakan campuran semen yang buruk juga bisa menjadi faktor penyebab retak pada dinding.

Oleh karena campuran semen yang tidak tepat antara pasir, semen, dan air bisa mengakibatkan retakan, Selain itu, memakai pasir yang terkontaminasi atau air yang kotor dan penggunaan semen yang sudah lama juga bisa mempengaruhi kualitas struktur dinding.

Retakan di tembok adalah masalah umum yang bisa mengindikasikan berbagai masalah struktural yang mendasarinya, Terdapat bebagai jenis-jenis retakan tembok antara lain:

BACA JUGA:6 Motif Keramik Dinding Kamar Mandi yang Estetik dan Minimalis Terbaru 2024

1. Retak Vertikal

Adapun retakan vertikal ini ialah retakan yang mengikuti garis lurus dari bawah ke atas atau sebaliknya, hal ini seringkali adalah tanda-tanda adanya masalah struktural.

Dimana penyebabnya bisa bervariasi, seperti mulai dari penggunaan material yang tidak tepat sampai pengaruh cuaca yang ekstrem. 

Walaupun retakan vertikal pada umumnya bisa diperbaiki dengan mengisi adonan semen, akan tetapi penting untuk tidak mengabaikan tanda-tanda peringatan ini dikarenakan bisa mengindikasikan masalah yang lebih serius didalam struktur bangunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: