HONDA

Hidup Sehat Bersama dr Zaidul Akbar: Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa

Hidup Sehat Bersama dr Zaidul Akbar: Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa

Hidup Sehat Bersama dr Zaidul Akbar: Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa --youtube/dr zaidul akbar official

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Hidup sehat bersama dr. Zaidul Akbar, seorang yang aktif dalam dunia kesehatan dengan pengobatan secara herbal, dr. Zaidul Akbar sering memberikan edukasi kesehatan.

Kali ini dr Zaidul Akbar akan membahas masalah mengatasi bau mulut saat berpuasa, sehingga dapat menjalankan puasa dengan sehat dan nikmat untuk umat Muslim yang ada di Indonesia.

"Puasa menjadi bulan penuh dengan kenikmatan, kenapa karena kita perlu mengistirahatkan semua aktifitas dari tubuh sebagai pengganti 11 bulan beraktifitas," katanya dikutip dalam kanal youtube dr Zaidul Akbar Official.

Lebih lanjut dikatakan, Nabi Muhammad SAW memberikan arahan kepada kita bahwasanya Allah SWT tidak butuh orang yang berpuasa tetapi masih melakukan ghibah, masih fitnah dan hal-hal buruk yang tidak berguna, karena bulan ini bulannya istirahat.

BACA JUGA:Baru Tahu! Ternyata Daun Mangga Punya Manfaat Menyehatkan Luar Biasa untuk Kesehatan

"Istirahat mata, istirahat pikiran, istirahat perasaan dan lainnya dari hal yang tidak berguna sehingga kita bisa menikmati berpuasa itulah sebenarnya yang menjadi esensi dalam berpuasa," ungkap dr Zaidul Akbar.

Ramadhan akan terasa lebih nikmat ketika kita melakukannya dengan fokus, tidak sambil melakukan hal yang tidak berguna dan tidak bermanfaat, sehingga menghilangkan keberkahan dalam berpuasa.

Ada hadist yang diriwayatakan bahwa Rasulullah SAW berkata, "Bau mulut orang berpuasa tersebut seperti bau kasturi".

Kasturi merupakan salah satu minyak wangi yang disukai oleh Rasulullah SAW yang diumpamakan dalam hadist.

BACA JUGA:10 Manfaat Mandi Sebelum Subuh untuk Kesehatan, Termasuk Meningkatkan Kesuburan Pria dan Wanita

"Allah suka sekali dengan bau mulut orang yang berpuasa karena tidak akan mengeluarkan perkataan, penyataan yang buruk bahkan lebih baik diam," kata dr Zaidul Akbar.

Kalaupun akhirnya bau mulut itu keluar, namun keluarnya karena perkataan yang baik sehingga Allah SWT mencintai orang-orang yang dapat menjaga lisannya dalam bertutur kata yang baik.

"Kalau saya ditanya bagaimana caranya untuk menghilangkan bau mulut pada saat berpuasa? Tentunya tidak bisa, namun jika berbicara bagaimana cara meminimalisir, jagalah hati kita", ujarnya. 

dr Zaidul Akbar menjelaskan bahwasanya apa yang keluar dari diri kita adalah dengan menjaga hati, emosi yang buruk pada seseorang akan mempengaruhi fisiologi tubuh dari orang tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: