HONDA

Mudik Lebaran, Suami Ikut Istri atau Istri Ikut Suami? Simak Penjelasan Menurut Pandangan Islam

Mudik Lebaran, Suami Ikut Istri atau Istri Ikut Suami? Simak Penjelasan Menurut Pandangan Islam

Simak penjelasan menurut pandangan Islam mengenai mudik Lebaran, apakah suami ikut istri atau istri ikut suami?--Freepik.com/Stockking

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Setiap mendekati Hari Raya Idulfitri atau Hari Lebaran, ada suatu tradisi hari Lebaran yaitu mudik.

Mudik Lebaran merupakan kegiatan pulang ke kampung halaman untuk mengunjungi orang tua dan sanak keluarga untuk bersilaturahmi.

Namun timbul pertanyaan di masyarakat terutama bagi pasangan yang telah menikah atau suami istri. Pulang mudik Lebaran ini suami ikut ke rumah orang tua istri atau istri ikut ke rumah orang tua suami?

Berbagai pertanyaan ini terkesan sepele, akan tetapi terkadang hal ini juga bisa menimbulkan konflik dan perdebatan di antara pasangan suami istri. 

BACA JUGA:Cek Dulu Yuk, 7 Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran 2024 Agar Tetap Aman

Kalau kedua pasangan suami istri ini belum memiliki pemahaman dan pengertian satu sama lainnya, apa benar laki-laki tidak boleh Lebaran di rumah mertua? 

Bagaimana menurut pandangan Islam mengenai hal ini?

Merayakan Hari Lebaran atau Hari Raya Idulfitri di rumah mertua, hal ini tentu menjadi sebuah pengalaman yang baru dan berbeda untuk pasangan suami istri yang baru menikah.

Akan tetapi, bagi seorang istri pada umumnya akan merasa malu, kaku, dan tidak betah pada saat berada di rumah mertuanya.

BACA JUGA:Ingat Hal Ini! Tips Mudik Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

Oleh karena itu, kebanyakan wanita lebih memilih Lebaran di rumah orang tuanya sendiri daripada mengikuti suaminya pulang mudik Lebaran ke kampung halaman suaminya.

Menurut pandangan Islam, saling bersilaturahmi ini hukumnya adalah wajib.

Baik itu dari pihak suami ataupun istri, akan tetapi mana yang didahulukan pada saat merayakan hari Lebaran ini? 

Apa berlebaran di rumah orang tua suami atau di rumah orang tua istri?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: