HONDA

Beberapa Daftar Marga Batak Tertinggi di Sumatera Utara

Beberapa Daftar Marga Batak Tertinggi di Sumatera Utara

Daftar marga Batak tertinggi di Sumatera Utara.--Facebook.com/RennyManurung

Selanjutnya Batak karo merupakan salah satu marga yang cukup istimewa dikarenakan menjadi marga terbesar di Provinsi Sumatera Utara. 

BACA JUGA:Ini Dia 6 Suku yang Terkenal di Pulau Sulawesi, Pulau Terbesar Keempat di Indonesia

Diketahui masyarakat Batak Karo pada umumnya mendiami wilayah Tanah Karo dan sekitarnya, adapun beberapa marga yang mendiami Karo yaitu Ginting, Tarigan, Sembiring, dan Peranginangin. 

Dimana kelima marga tersebut konon katanya merupakan nama anak dari pasangan Maherga dan Cimata.

4. Batak Mandailing

Berikutnya ada Batak Mandailing diketahui mereka memiliki budaya dan tradisi yang kaya, termasuk di dalam hal adat istiadat, musik, tarian serta kuliner. 

BACA JUGA:Suku Lembak Delapan Bengkulu: Keragaman Budaya Indonesia

Batak Mandailing ini juga dikenal dengan keahlian mereka di dalam membuat kain ulos yaitu sebuah kain tradisional yang memiliki makna dan juga simbolis yang dalam untuk masyarakatnya.

Adapun beberapa marga di Mandailing yaitu Lubis, Nasution, Batubara, Rangkuti, Parinduri, Daulae, Matondang dan Pulungan.

5. Batak Pakpak

Selanjutnya Marga Batak Pakpak yang ada di beberapa wilayah, seperti kabupaten Dairi, Tapanuli Tengah, Humbang Hasundutan, Pakpak Barat, dan sekitarnya. 

Diketahui suku batak yang satu ini sangat populer dikarenakan banyak dari masyarakatnya yang pergi merantau ke daerah luar.

BACA JUGA:Wow! 5 Suku Ini Mahar Menikah Tertinggi di Indonesia: Nominalnya Bikin Melongo

Adapun beberapa marga pada Batak Pakpak ini yaitu Tumangger, Siketang, Tinambunan, Anakampun, Kesogihen, Maharaja, Meka, dan Berasa.

Nah itulah tadi marga Batak yang tertinggi dan terkenal di Provinsi Sumatera Utara, semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: