HONDA

Benarkah Suku Rejang Berasal dari Sarawak Kalimantan? Simak Ulasannya!

Benarkah Suku Rejang Berasal dari Sarawak Kalimantan? Simak Ulasannya!

Sungai Rejang di Sarawak yang merupakan Salah satu Nadi bagi Masyarakat Pedalaman--Facebook.com/ Borneo

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Diketahui Suku Rejang ini adalah Suku bangsa dengan populasi terbesar yang hidup di daerah Provinsi Bengkulu.

Adapun mayoritas masyarakat suku bangsa Rejang ini tinggal di Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu Tengah, Bengkulu Utara, dan sebagian di Kabupaten Muratara Provinsi Sumatera Selatan.

Suku Rejang atau Radjang atau menyebut diri mereka sebagai Jang, Tun Jang atau Rejang Empat Petulai adalah satu suku mendominasi populasi di Provinsi Bengkulu pulau Sumatera.  

Berdasarkan kajian antropologi, diketahui suku Rejang ini adalah suku tertua yang pernah ada di bumi Sumatera, Tanah Rejang atau Tanaek Rejang merupakan gelaran wilayah bagi tempat tinggal mereka, yaitu satu wilayah yang mencakupi sebagian pegunungan Bukit Barisan.

BACA JUGA:Jadi Salah Satu Suku Terbesar di Bengkulu, Ini Asal Usul Suku Rejang Berdasarkan Catatan Sejarah

Timbul beberapa pertanyaan mengenai suku Rejang Bengkulu ini, benarkah Suku Rejang Bengkulu berasal dari Sarawak Pulau Kalimantan?

Pada artikel ini kita akan mengulas mengenai asal usul suku Rejang tersebut dari berbagai sumber.

Kalau menurut dari perbendaharaan kata dan dialek yang dimiliki oleh bahasa suku Rejang ini, maka suku bangsa Rejang ini dikategorikan Melayu Proto.

Di Sarawak terdapat sungai terpanjang yang bernama sungai Rejang dan di Sarawak juga memiliki satu klasifikasi bahasa/dialek yang dinamakan Bahasa Kayan - Rejang,

dimana bahasa ini dipertuturkan oleh ramai sub - etnik Kayan itu sendiri seperti Lisom dan juga Melanau yang diperkirakan dibawah bahasa yang sama.

Kalau melihat pengertian nama Rejang ini memiliki pengertian sesuatu yang baik-baik atau harum-haruman atau juga melambangkan tuah yang berpanjangan. 

Oleh karena itulah nama ini dipakai untuk satu kelompok masyarakat ataupun nama sungai dan sebagainya untuk memperlihatkan betapa bertuah nama ini.

BACA JUGA:Tari Tradisional Kejei dari Suku Rejang Provinsi Bengkulu yang Sakral dan Mengandung Nilai-nilai Mistik

Adapun nama Suku Rejang ini diberi bukanlah untuk satu kelompok masyarakat yang ada di Sarawak pada saat ini, meskipun Sungai Rejang yang memiliki sinonim dengan nama dari suku Rejang Bengkulu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: