HONDA

Sekilas Mirip dengan Emas, Begini 6 Perbedaan antara Emas dan Pirit, Kilaunya Tampak Beda

Sekilas Mirip dengan Emas, Begini 6 Perbedaan antara Emas dan Pirit, Kilaunya Tampak Beda

Sekilas Mirip dengan Emas, Begini 6 Perbedaan antara Emas dan Pirit, Kilaunya Tampak Beda--Pixabay.com/Pixabay//

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM- Pirit emas atau emas pirit adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan pirit yang mengandung sejumlah kecil emas. 

Ini terjadi ketika emas terbawa oleh proses pembentukan pirit di lingkungan geologi tertentu. Meskipun terdapat emas dalam pirit, jumlahnya umumnya sangat kecil dan tidak ekonomis untuk diekstraksi secara komersial.

Pada umumnya, pirit emas memiliki penampilan yang serupa dengan pirit biasa, dengan warna kekuningan atau kuning kehijauan. 

BACA JUGA:Tabel Rincian Dana Desa 2024 Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah: Ini Lengkapnya

Namun, keberadaan emas dalam pirit dapat membuatnya terlihat lebih mengkilap atau memiliki kilau yang berbeda-beda tergantung pada komposisi kimianya.

Meskipun terdapat emas dalam pirit, penting untuk diingat bahwa kandungan emas biasanya sangat rendah, sehingga tidak layak untuk diekstraksi secara ekonomis. 

Oleh karena itu, pirit emas tidak dianggap sebagai sumber emas yang signifikan dalam industri pertambangan emas. Yuk simak perbedaan antara pirit yang juga dikenal sebagai dan emas. 

BACA JUGA:Tergolong Tanaman Hias, Daun Tujuh Jarum Punya 8 Manfaat untuk Kesehatan, Bisa Menurunkan Tekanan Darah

 

1. Komposisi Kimia 

Emas adalah unsur kimia dengan simbol Au dan nomor atom 79, sedangkan pirit adalah mineral belerang besi dengan rumus kimia FeS2. 

Emas murni memiliki warna kuning keemasan yang khas, sedangkan pirit sering kali memiliki warna kekuningan atau kuning kehijauan.

 

2. Kekerasan 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: