HONDA

Ada Longsor Susulan di Jalur Lintas Rejang Lebong - Lebong Pagi Ini, BPBD Bakal Lakukan Ini

Ada Longsor Susulan di Jalur Lintas Rejang Lebong - Lebong Pagi Ini, BPBD Bakal Lakukan Ini

Ada Longsor Susulan di Jalur Lintas Rejang Lebong - Lebong Pagi Ini, BPBD Lakukan Ini--Dok/rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Akses lalu lintas di jalur Rejang Lebong - Lebong kembali tersendat dan terganggu karena terjadi longsor susulan pada Sabtu 27 April 2024 dini hari.

Sebelumnya akses lalu lintas sudah kembali lancar setelah Pemprov Bengkulu dan Pemkab Lebong melakukan pembersihan material longsor di jàlur lintas Rejang Lebong - Lebong tepatnya di Kecamatan Rimbo Pengadang yang terjadi pada Jumat 26 April 2024 sore.

Meski material longsor sempat mengganggu lalu lintas, namun petugas berhasil mengevakuasi dan membersihkan material menggunakan alat berat dan pada pukul 20:00 wib akses jalan kembali lancar dan dapat dilalui kendaraan.

Namun, pagi ini longsor susulan kembali terjadi sekitar pukul 01:00 wib, hal ini dibenarkan oleh Kepala Pelaksanaan BPBD Provinsi Bengkulu. Herwan Antoni.

BACA JUGA:Sigap Tangani Longsor, Pemprov Bengkulu Sukses Lancarkan Lalu Lintas Lebong - Rejang Lebong

Disebutkannya jika longsor susulan tersebut kembali terjadi di Kecamatan Rimbo Pengadang jalur lintas Rejang Lebong - Lebong.

Longsor susulan tersebut sepanjang 30 meter dengan ketinggian material 3 meter menutup jalan, hal ini tentu membuat jalur lintas Rejang Lebong - Lebong kembali lumpuh.

"Pagi ini saya kepala pelaksana BPBD Provinsi Bengkulu melaporkan bahwa terjadi longsor susulan sekitar pukul 01.00 pada lokasi longsor kemaren. Longsor susulan dengan panjang 30 meter ketinggian 3 meter membuat akses terputus total kembali," sebutnya, Sabtu 27 April 2024.

Kondisi ini membuat pihaknya akan kembali melakukan pembersihan material longsor susulan agar akses lalu lintas bisa dilalui, dan Pemerintah Provinsi Bengkulu akan kembali menurunkan alat berat melalui PUPR Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:Longsor di Rimbo Pengadang Lebong, Pengendara Minibus Terbawa Arus Material.

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan BPBD Lebong untuk mengerahkan alat berat, dengan tujuan membersihkan material longsor susulan.

Selain itu, Herwan juga menyebutkan kondisi bencana longsor ini juga sudah dilaporkan ke Gubernur Bengkulu.

"Langsung kami komunikasi dengan BPBD lebong agar mengerahkan alat berat dari BPBD lebong, kemudian kami sudah laporkan juga ke Gubernur hari ini selesai tuntas penànganan (longsor) ini akses bisa dilalui kembali. Nanti juga PUPR Provinsi Bengkulu segera kembali menurunkan alat berat pagi ini untuk pembersihan dari pada tanah dll," ucapnya.

Herwan juga menambahkan pihaknya juga terus akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait termasuk pemkab Lebong dalam upaya menangani bencana longsor ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: