HONDA

Cara Membuat Buah Mengkudu Jadi Pestisida Nabati, Ampuh Basmi Hama pada Tanaman Kubis

Cara Membuat Buah Mengkudu Jadi Pestisida Nabati, Ampuh Basmi Hama pada Tanaman Kubis

Buah mengkudu sebagai pestisida nabati untuk mengusir hama ulat--Instagram/ngawitanimandiri

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Pestisida nabati pada buah mengkudu tidak hanya dapat bermanfaat untuk membasmi hama tikus pada tanaman padi, namun juga dapat membasmi hama pada tanaman kubis.

Buah mengkudu memiliki unsur senyawa kimia xeronin, proxenin, scopoletin dan atraquinan yang tentunya bagus sekali untuk membasmi hama ulat pada tanaman kubis sehingga dapat membantu para petani.

Hama ulat ini dapat merugikan tanaman kubis sehingga dapat merusak kubisnya itu sendiri, tentunya musuh terberat petani dalam faktor gagal panen terbesar itu adalah hama lain.

Untuk itu perlu sekali pestisida nabati dari bahan buah mengkudu ini untuk dapat membasmi para hama tersebut sehingga dapat memudahkan petani dalam menyelamatkan tanamannya dari serangan hama.

BACA JUGA:Pupuk Nabati dari Kulit Pisang, Begini Cara Pembuatannya

Tentunya kalau bisa sistem pertanian tidak lagi mengeluarkan biaya karena untuk pupuk saja sudah memakan biaya yang besar apalagi untuk pestisida kimia yang pastinya juga akan mahal.

Dengan menggunakan produk pestisida nabati dari buah mengkudu yang dibuat sendiri oleh para petani akan menyelamatkan dan tidak memakan biaya yang akan memberatkan para petani untuk tanaman kubisnya.

Mengkudu ini menjadi alternatif pestisida yang bagus untuk pertanian dalam membasmi hama ulat pada tanaman kubis dengan kandungan kimia xeronin, proxenin, scopoletin dan atraquinan.

Senyawa ini lah yang dapat membantu, dengan juga aroma yang ditimbulkan dari buah mengkudu ini dapat membasmi hama lainnya yang ada di tanaman kubis selain hama ulat, berikut wereng dan netamode.

BACA JUGA:Wow! Daun Kelor Bermanfaat untuk Menjadi Pupuk Nabati, Hasil Panen 35 Persen

Tentunya selain penting untuk hama tanaman kubis, pestisida dari buah mengkudu ini bagus sekali untuk tanah tanaman karena ada unsur hara yang dapat membantu menyuburkan tanah tanaman kubis.

Berikut ini cara membuat pestisida nabati dari buah mengkudu untuk membasmi hama pada tanaman kubis dikutip dari website pertanianku:

Adapun bahan-bahan yang diperlukan 

- Buah mengkudu, daun nangka, dan daun tembakau sebanyak 25 gram 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: