HONDA

Bertahun-tahun BBI Belumai Rejang Lebong Vakum

Bertahun-tahun BBI Belumai Rejang Lebong Vakum

Bertahun-tahun BBI Belumai Rejang Lebong Vakum--badri/rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Sejak beberapa tahun terakhir, Balai Benih Ikan (BBI) di Desa Belumai vakum atau tidak beroperasi. 

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Amrul Eby, di Rejang Lebong mengatakan saat ini di Kabupaten Rejang Lebong terdapat 4 BBI.

Yaitu BBI Belumai di Kecamatan Padang Ulak Tanding, dan BBI Babakan Baru di Kecamatan Bermani Ulu.

Selanjutnya BBI Rimbo Recap, dan BBI Dusun Baru di Kecamatan Curup Selatan.

BACA JUGA:Ini 37 Calon Anggota Panwaslu Rejang Lebong Terpilih, Lolos Existing

"Kami tengah melakukan inventarisasi terhadap BBI yang ada tersebut. Ini untuk mengetahui apa saja kendala-kendala yang ada di masing-masing BBI, termasuk BBI di Desa Belumai yang sudah tidak beroperasi lagi," ungkap Amrul Eby.

Disebutkan Amrul Eby, setelah pandemi Covid-19, menyebabkan pengembangan balai benih ikan terhenti.

Karena sebagian besar anggaran pembangunan dialihkan untuk penanganan Covid-19.

''Dengan adanya inventarisasi masalah ini, maka nantinya bisa menjadi bahan evaluasi dan pengusulan anggaran untuk optimalisasi BBI yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Kendala untuk optimalisasi balai benih ikan ini salah satunya adalah anggaran. Kami akan berusaha mencari anggarannya termasuk menjemput anggaran ke pusat, maupun mengajukan bantuan ke Pemprov Bengkulu,'' sampai Amrul Eby.

BACA JUGA:Wow! Ada Fitur Tersembunyi di Platform Instagram, Ternyata Belum Banyak yang Tahu

Sementara itu, upaya untuk mengoptimalkan fungsi BBI yang dimiliki daerah ini, pihaknya pada tahun 2023 lalu telah membeli indukan ikan nila sebanyak 2.400 ekor.

Saat ini sudah mulai menghasilkan benih ikan, hanya saja belum maksimal.

''Benih ikan yang dihasilkan BBI ini nantinya akan digunakan memenuhi kebutuhan benih ikan untuk kelompok tani perikanan di sejumlah kecamatan di Rejang Lebong, maupun untuk program penebaran populasi ikan di perairan umum atau resto king,'' kata Amrul Eby.

Sementara itu, hanya 3 BBI di Kabupaten Rejang Lebong yang masih beroperasi untuk mencukupi kebutuhan benih ikan kelompok tani ikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: