HONDA

Kisah Nusantara: Asal Usul Danau Lipan Kalimantan Timur

Kisah Nusantara: Asal Usul Danau Lipan Kalimantan Timur

Kisah Nusantara : Asal Usul Danau Lipan Kalimantan Timur--Youtube/gromore Studio Series

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Kisah nusantara kali ini mengangkat asal usul Danau Lipan yang ada di daerah Kalimantan Timur yang menjadi legenda di sana, dipengaruhi oleh kerjaaan Tiongkok.

Dari Jaman dahulu, Indonesia terdiri dari beberapa kerajaan yang terbentuk dari Sabang hingga Marauke sehingga cerita legenda kerajaan inilah yang mempengaruhi suatu kebudayaan di daerah tersebut.

Termasuklah di daerah Kalimantan Timur, terkenal dengan daerah Muara Kaman yang dahulunya adalah laut lepas dengan memiliki kerjaan kuno pada masa itu sedang jaya dan berkuasa.

Dekat dengan wilayah pesisir laut membuat kerajaan tersebut sebagai daerah pelabuhan dan mengirimkan kapal baik itu untuk aktivitas dalam maupun luar negeri melalui Muara Kaman.

BACA JUGA:Soal Arisan Bodong Kerugian Mencapai Rp 2 Miliar, Polres Rejang Lebong Gelar Perkara

Sehingga aktivitas perdagangan menjadi sumber pendapatan di wilayah tersebut, akan tetapi kerajaan tersebut terkenal dengan kecantikan putri kerajaan yang rupanya diketahui oleh seluruh negeri.

Kecantikan putri dari kerajaan ini dinamakan Putri Aji Berdarah Putih dengan panggilannya Darah Putih ini dikarenakan kulit dari putri tersebut yang sangat putih sehingga terlihat ketika dia memakan sirih.

Ketika dia memakan air sirih, warna merah dari air sirih tersebut terlihat jelas turun hingga tenggorokannya sehingga dinamakan Darah Putih oleh kerajaan dengan kecantikan yang menawan hati.

Ternyata kabar kecantikan dari Putri Aji Berdarah Putih ini terdengar hingga ke Raja Tiongkok yang pada saat itu ingin sekali melamar dan mempersunting sang putri yang rupawan ini.

BACA JUGA:Video Call 5ek Warga Rejang Lebong Disebar Pria Riau, Polisi Tangkap Pelaku

Berniat untuk melamar sang putri, Raja Tiongkok datang dengan menggunakan kapal-kapal pesiar berangkat ke Muara Kaman.

Mendengarkan akan datang Raja Tiongkok, Putri pun bersiap. Tentunya untuk memberikan kesan yang baik dalam menyambut tamunya.

Putri Darah Putih berniat untuk membuat sedikit pesta penyambutan dan perayaan untuk kedatangan Raja Tiongkok tersebut.

Raja Tiongkok datang dengan penuh kemeriahan baik itu makanan, minuman dan tarian pun disediakan dalam semarak ketika menyambut Raja dari negeri seberang yang tentunya menjadi tamu istimewa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: