BANNER KPU
HONDA

Pedagang Hewan Kurban di Mukomuko Diingatkan Urus SKKH

Pedagang Hewan Kurban di Mukomuko Diingatkan Urus SKKH

Distan Mukomuko imbau pedagang hewan kurban urus SKKH.--ANTARA/Ferri

MUKOMUKO, RAKYATBENGKULU.COM -Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengimbau para pedagang hewan kurban untuk mengurus Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) sebelum menjual ternak kepada masyarakat.

"Kami mengharapkan agar semua hewan ternak menjalani pemeriksaan kesehatan. Namun, banyak pedagang yang tidak melakukannya karena berpikir hewan tersebut tidak akan dijual ke luar daerah," ujar Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Fitriani Ilyas, dikutip antaranews.com, Minggu, 19 Mei 2024.

Fitriani menjelaskan bahwa selama ini pedagang hewan kurban dari daerah ini hanya mengurus SKKH jika hewan kurban tersebut akan dibawa keluar daerah.

BACA JUGA:Pembelian Hewan Kurban Secara Mudah dan Praktis di BSI Mobile, Berikut Cara dan Alurnya di Sini !

Padahal, menurutnya, semua hewan kurban, baik yang dijual di dalam maupun di luar daerah, harus menjalani pemeriksaan kesehatan untuk memastikan kesehatannya.

Untuk itu, Dinas Pertanian Mukomuko telah menyiagakan empat pusat kesehatan hewan (puskeswan) untuk memeriksa kesehatan hewan kurban menjelang pemotongan kurban.

Petugas dari empat puskeswan ini akan melakukan pengecekan kesehatan hewan kurban menjelang dan pada hari pelaksanaan Iduladha.

Terkait dengan persediaan hewan ternak seperti sapi, kerbau, dan kambing, Fitriani memastikan bahwa stok hewan kurban di daerah tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada hari raya Iduladha 1445 Hijriah.

BACA JUGA:Tips Menanam Cabai Rawit Benih Hibrida, Perhatikan Perawatan Mulai dari Umur 10 Hari Tanaman

"Kami memiliki persediaan hewan kurban yang sangat cukup, bahkan selama ini kami memasok hewan kurban ke daerah lain," ujarnya.

Beberapa daerah seperti Kabupaten Pesisir Selatan, Kerinci, dan lainnya sering mengambil hewan kurban dari Mukomuko karena daerah ini selalu surplus hewan kurban.

Fitriani juga memastikan bahwa populasi hewan ternak di Mukomuko sangat besar sehingga persediaan hewan kurban tidak menjadi masalah.

BACA JUGA:Musprov Luar Biasa Sukses, Ini Pengurus Baru IKASI Bengkulu Periode 2024-2028

Data Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko menunjukkan bahwa persediaan hewan kurban di 15 kecamatan di daerah tersebut adalah 6.032 ekor sapi, 843 ekor kerbau, dan 1.783 ekor kambing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: