BANNER KPU
HONDA

Tips Aman Mendahului Kendaraan Saat di Jalan Raya, Ini Kata Instruktur Safety Riding Astra Motor Bengkulu

Tips Aman Mendahului Kendaraan Saat di Jalan Raya, Ini Kata Instruktur Safety Riding Astra Motor Bengkulu

Tips Aman Mendahului Kendaraan Saat di Jalan Raya, Ini Kata Instruktur Safety Riding Astra Motor Bengkulu--IST/Rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Astra Motor Bengkulu membagikan tips aman berkendara di jalan raya terutama saat hendak mendahului kendaraan lain yang ada di depan.

Saat berkendara di jalan raya tentunya akan banyak hal yang harus diperhatikan oleh pengendara agar tidak membahayakan pengguna jalan lain. Terlebih jika ingin menyalip atau mendahului kendaraan lain tersebut.

Instruktur Safety Riding Astra Motor Bengkulu, Noval Yunaidi mengatakan ada beberapa hal yang perlu dipastikan oleh pengendara demi membantu mengurangi risiko kecelakaan dan untuk meningkatkan keselamatan berkendara.

"Ketika hendak menyalip, pengendara tidak bisa sembarangan agar tidak menimbulkan insiden tak terduga seperti kecelakaan dan jangan sekali-kali menyalip kendaraan lain dari sisi kiri. Karena, jalur kiri diperuntukkan bagi pengendara yang berkendara dengan kecepatan lambat," kata Noval.

BACA JUGA:Keseruan Edukasi Safety Riding Astra Motor Bengkulu di MAN 2 Kota Bengkulu, Siswa Diingatkan Ini

Ditambahkannya sebelum menyalip baiknya pengendara harus memastikan tidak ada kendaraan yang mendekat dari belakang dengan melihat ke spion serta bisa melihat ke belakang untuk memastikan area blind spot aman. 

Pengendara juga harus memastikan tidak ada kendaraan lain dari sisi depan, serta juga harus memastikan lampu sein menyala. 

Ini dilakukan supaya kendaraan dari arah berlawanan dan kendaraan yang hendak didahului tahu bahwa akan pindah jalur.

Hal lain yang turun perlu jadi perhatian yakni jaga jarak aman ketika ingin mendahului. 

BACA JUGA:Astra Motor Bengkulu Gelar AT Family Day untuk Pencinta Matic Honda

"Pastikan untuk menjaga jarak yang aman dengan kendaraan yang  dilewati," sambung Noval.

Ketika dirasa jarak aman untuk menyalip, jangan lupa juga untuk menggunakan klakson.

Klakson menurut Noval sebagai tanda komunikasi dengan kendaraan yang akan didahului.

"Saat sudah berhasil menyalip, pastikan untuk menyalakan lampu sein untuk berpindah dari lajur kanan ke kiri dan jangan lupa matikan lampu sein," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: