HONDA

Mengenal Sosok Wali Songo, Pembawa Cahaya Islam di Tanah Jawa

Mengenal Sosok Wali Songo, Pembawa Cahaya Islam di Tanah Jawa

Mengenal Sosok Wali Songo, Pembawa Cahaya Islam di Tanah Jawa --Instagram/syiarbudayaislam

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM  - Mengenal sosok Wali Songo sebagai pembawa Cahaya Islam di tanah Jawa. Mereka semuanya memiliki history yang sangat penting dalam perkembangan agama Islam.

Wali artinya adalah wakil dan Songo artinya adalah 9 yang berarti bahwa mereka semua adalah wakil Allah SWT yang memiliki tugas untuk mendakwahkan kebenaran.

Pada abad ke-14 di tanah Jawa mereka dalam history-nya memiliki peranan penting saat penyebaran dan perkembangan agama Islam dengan menggunakan dakwah.

Agama Islam merupakan agama yang murni tanpa kekerasan sehingga dalam dakwah yang dilakukan oleh ke-9 wakil Allah tersebut tidak ada sedikitpun untuk menekan umat untuk masuk ke dalam agama tersebut.

BACA JUGA:Astra Financial Perkuat Dukungan pada Industri Otomotif dengan Sponsor Platinum GIIAS 2024

Untuk mengenal Wali Songo yang menyebarkan Cahaya Islam di tanah Jawa berikut ini diantaranya adalah:

1. Sunan Gresik

Sunan Gresik dengan nama Maulana Malik Ibrahim menyebarkan agama Islam di tanah Gresik Jawa Timur dengan metode yang sangat unik yaitu dengan berbaur pada masyarakat sekitar dan bercocok tanam.

Selain itu, Sunan Gresik juga melakukan pendirian pondok pesantren dan masjid di sana untuk mengumpulkan orang-orang dalam dakwahnya mengajarkan agama Islam di Gresik Jawa Timur.

2. Sunan Ampel

Sunan Ampel memiliki nama yaitu Raden Rahmat yang penyebarannya di daerah Jawa Timur, Surabaya, dengan prinsip yang sedikit unik dalam penyebarannya yaitu Moh Limo.

BACA JUGA:Polisi Selidiki Dugaan Percobaan Pembakaran Mobnas PDAM Tirta Alami Kepahiang

Adapun prinsip Moh Limo diantaranya adalah Moh main atau tidak berjudi, Moh ngombe atau tidak mabuk, Moh maling artinya tidak mencuri, Moh madat artinya menolak candu obat-obatan dan juga Moh Madon atau tidak berzina.

3. Sunan Giri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: