HONDA

5 Jenis Ubur-ubur Beracun dan Dampaknya Bila Menyengat

5 Jenis Ubur-ubur Beracun dan Dampaknya Bila Menyengat

5 Jenis Ubur-ubur Beracun dan Dampaknya Bila Menyengat--Instagram.com/ faktaunikdunia

Ciri-ciri:

bur-ubur kecil dengan tubuh berbentuk payung yang relatif kecil dan tentakel pendek. Cenderung kecil, seringkali kurang dari 1 cm dalam diameter.

Dampak Sengatan:

Gejala: Sengatan bisa menyebabkan sindrom Irukandji, yang meliputi rasa sakit parah, mual, muntah, kram otot, dan reaksi sistemik seperti tekanan darah tinggi dan detak jantung yang cepat.

Penanganan: Memerlukan perhatian medis segera untuk mengelola gejala sistemik dan memberikan perawatan yang tepat.

5. Ubur-Ubur Gelatinous (Moon Jellyfish)

Ciri-ciri:

Memiliki tubuh berbentuk payung yang transparan dengan empat lingkaran berwarna biru atau ungu yang terlihat di bawah permukaan. Tentakel pendek dan tidak terlalu menyengat dibandingkan dengan jenis ubur-ubur lain.

Dampak Sengatan:

Gejala: Sengatan biasanya menyebabkan rasa gatal ringan dan kemerahan pada kulit. Gejala lebih jarang menyebabkan reaksi berat.

BACA JUGA:6 Manfaat Madu dan Jahe untuk Kesehatan, Salah Satunya Meredakan Gejala Flu

BACA JUGA:6 Manfaat Kerokan dari Sisi Medis, Salah Satunya Meningkatkan Sirkulasi Darah

Penanganan: Bilas dengan air laut, gunakan kompres dingin, dan hindari menggosok area yang terkena. Perawatan biasanya bersifat simtomatik.

Dengan Anda memahami jenis-jenis ubur-ubur beracun dan gejala sengatannya mungkin dapat membantu Anda mengidentifikasi potensi risiko dan menangani situasi dengan lebih efektif jika terjadi sengatan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: