HONDA

8 Langkah Sukses dan Panduan Lengkap Budidaya Pepaya California

8 Langkah Sukses dan Panduan Lengkap Budidaya Pepaya California

8 Langkah Sukses dan Panduan Lengkap Budidaya Pepaya California--Instagram.com/ saungpaktani

Pengendalian Hama dan Penyakit

Pantau secara rutin untuk hama seperti kutu daun, ulat, dan tungau, sebaiknya gunakan insektisida organik atau metode pengendalian yang alami, dan waspadai penyakit seperti busuk akar, bercak daun, dan karat. Perbaiki sanitasi dan pastikan sirkulasi udara di sekitar tanaman.

BACA JUGA:Jenis Ikan Indonesia Tinggi Protein yang Murah Meriah, Lebih Hebat dari Salmon!

BACA JUGA:Tidak Harus Salmon! Ini Ikan Murah Kaya Omega 3 yang Tidak Kalah dari Salmon yang Mahal

Pemangkasan

Pangkas daun yang mati atau terinfeksi untuk meningkatkan sirkulasi udara dan mengurangi risiko penyakit. Dengan pangkas tanaman untuk membentuk dan mengarahkan pertumbuhan agar lebih produktif.

5. Perawatan Buah

Dukungan Buah

Berikan dukungan tambahan jika buah pepaya sangat besar untuk mencegah kerusakan pada pohon. Gunakan tali atau penyangga jika diperlukan.

Pemanenan

Pemanenan dilakukan saat buah mulai matang, ditandai dengan perubahan warna dari hijau menjadi kuning. Pemanenan dilakukan dengan hati-hati menggunakan pisau tajam untuk memotong buah agar tidak merusak tanaman. Kemudian kumpulkan buah dengan lembut untuk mencegah kerusakan.

6. Penanganan Pasca Panen

Penyimpanan

Simpan buah pepaya di tempat yang sejuk dan kering. Pepaya yang matang bisa disimpan di kulkas untuk memperpanjang masa simpannya.

Pengolahan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: