HONDA

6 Dampak Negatif Mengonsumsi Es Batu Secara Berlebihan

6 Dampak Negatif Mengonsumsi Es Batu Secara Berlebihan

6 Dampak Negatif Mengonsumsi Es Batu Secara Berlebihan--Instagram.com/ ceritamedancom

RAKYATBENGKULU.COM - Es batu adalah potongan es yang dihasilkan dari membekukan air, biasanya berbentuk kubus, namun bisa juga berbentuk bulat, silinder, atau variasi lain tergantung cetakan yang digunakan.

Meskipun tampak tidak berbahaya karena es adalah air beku, mengonsumsi es batu secara berlebihan dapat berdampak negatif pada kesehatan.

Berikut adalah beberapa dampak yang mungkin terjadi jika Anda mengonsumsi es batu dalam jumlah berlebihan, yang telah dirangkum oleh Rakyatbengkulu.com dari berbagai sumber:

1. Gangguan Pencernaan

Dengan mengonsumsi es batu dalam jumlah yang besar, tentu bisa menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan.

Air yang dingin dapat menyebabkan kontraksi di dinding lambung dan usus, yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan, kram perut, atau bahkan diare pada beberapa orang.

BACA JUGA:Bunga Air Mata Pengantin, Miliki Manfaat Luar Biasa Bagi Tanaman Kelapa Sawit, Berikut Fakta Uniknya!

BACA JUGA:10 Manfaat Menakjubkan dari Konsumsi Pepaya Setiap Hari

Dimana sistem pencernaan bisa saja terpengaruh oleh suhu yang ekstrem, dan bila mengonsumsi es batu secara berlebihan dapat memperlambat proses pencernaan atau menyebabkan ketidaknyamanan.

2. Sensasi Nyeri pada Gigi dan Gusi

Apabila seseorang dengan gigi yang sensitif, mungkin merasakan nyeri atau ketidaknyamanan saat mengonsumsi es batu, suhu yang dingin dapat memicu rasa sakit pada gigi yang sudah sensitif atau pada gusi.

Apabila es batu yang terlalu dingin dapat menyebabkan sensitivitas pada gigi dan gusi, terutama jika ada kerusakan pada enamel gigi atau masalah gigi lainnya.

3. Gangguan pada Sirkulasi Darah

Bila mengonsumsi es batu dalam jumlah besar bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah, meskipun ini biasanya bersifat sementara, pada beberapa orang dengan kondisi tertentu hal ini bisa mengganggu sirkulasi darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: