HONDA

10 Tips Mengatasi Ketombe yang Membandel di Kulit Kepala

10 Tips Mengatasi Ketombe yang Membandel di Kulit Kepala

10 Tips Mengatasi Ketombe yang Membandel di Kulit Kepala--Instagram.com/ beatyjurnal

RAKYATBENGKULU.COM - Ketombe adalah kondisi kulit kepala yang umum, ditandai dengan serpihan putih atau keabu-abuan di kulit kepala dan rambut.

Kondisi ini sering disertai dengan gatal, kekeringan, dan kadang-kadang iritasi. Ketombe dapat mempengaruhi siapa saja dan disebabkan oleh berbagai faktor.

Untuk mengatasi ketombe, diperlukan perawatan rambut yang baik, kebersihan yang tepat, dan penggunaan produk yang sesuai.

Berikut adalah 10 tips untuk mengatasi ketombe yang telah dirangkum oleh Rakyatbengkulu.com dari berbagai sumber:

BACA JUGA:10 Manfaat Rutin Mengonsumsi Bengkoang untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Cegah Anemia

BACA JUGA:Tak Cuma Mendukung Fungsi Ginjal, Ini 7 Manfaat Rutin Mengonsumsi Buah Pisang untuk Kesehatan

1. Gunakan Shampo Anti-Ketombe

Shampo anti-ketombe mengandung bahan aktif seperti zinc pyrithione, ketoconazole, selenium sulfide, atau tar yang dirancang untuk mengatasi jamur atau bakteri penyebab ketombe. Pilihlah produk yang sesuai dengan jenis kulit kepala Anda dan gunakan secara teratur sesuai petunjuk.

2. Cuci Rambut Secara Rutin

Mencuci rambut secara teratur membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, minyak, dan kotoran dari kulit kepala. Jika kulit kepala Anda cenderung berminyak, cuci rambut lebih sering untuk mencegah penumpukan minyak yang dapat memperburuk ketombe.

3. Gunakan Conditioner yang Tepat

Gunakan conditioner yang lembut dan sesuai dengan jenis rambut Anda untuk menjaga kelembapan kulit kepala, conditioner dapat membantu mengurangi kekeringan dan iritasi yang bisa memperburuk ketombe.

4. Jaga Kelembapan Kulit Kepala

Kulit kepala yang kering dapat menyebabkan ketombe, gunakan minyak atau masker rambut yang melembapkan untuk membantu menjaga kelembapan kulit kepala. Minyak seperti minyak kelapa, minyak zaitun, atau minyak almond bisa membantu menenangkan kulit kepala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: