HONDA

10 Tips Ampuh Merawat Bawang Merah Setelah Tumbuh, Mulai dengan Pemeliharaan Tanah dan Persiapan Panen

10 Tips Ampuh Merawat Bawang Merah Setelah Tumbuh, Mulai dengan Pemeliharaan Tanah dan Persiapan Panen

10 Tips Ampuh Merawat Bawang Merah Setelah Tumbuh, Mulai dengan Pemeliharaan Tanah dan Persiapan Panen--Instagram.com/ agrotama.tunas,sarana

Kurangi frekuensi penyiraman beberapa minggu sebelum waktu panen, hal ini akan membantu umbi mengering dan mempermudah proses pematangan.

BACA JUGA:8 Cara Pembibitan Bawang Merah yang Benar untuk Hasil Panen Maksimal

BACA JUGA:10 Negara dengan Harga BBM Termahal, Apakah Indonesia Termasuk?

9. Pencegahan Penyebaran Penyakit

Desinfeksi alat pertanian yaitu seperti cangkul, sekop, atau alat pemangkasan sebelum dan setelah digunakan untuk mencegah penyebaran penyakit. Buang sisa tanaman atau bahan organik yang bisa menjadi tempat berkembang biaknya patogen.

10. Persiapan Panen

Perhatikan tanda-tanda kematangan yaitu seperti daun yang mulai menguning dan rebah, umbi yang siap panen biasanya memiliki warna yang cerah dan kulit yang kering.

Gali umbi dengan secra hati-hati untuk menghindari kerusakan pada umbi atau gunakan alat yang sesuai dan pastikan umbi tidak terlalu basah untuk mencegah pembusukan.

Dengan menerapkan tips perawatan di atas, Anda dapat memastikan bawang merah tumbuh dengan optimal dan menghasilkan umbi yang berkualitas. Perawatan yang baik membantu tanaman menghadapi berbagai tantangan dan memaksimalkan hasil panen.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: