HONDA

9 Cara Proses Perawatan Tanaman Jeruk Manis yang Benar

9 Cara Proses Perawatan Tanaman Jeruk Manis yang Benar

9 Cara Proses Perawatan Tanaman Jeruk Manis yang Benar--Instagram.com/ bsipjestro

RAKYATBENGKULU.COM - Proses perawatan tanaman jeruk manis adalah langkah-langkah yang dilakukan untuk memastikan kesehatan dan pertumbuhan optimal pohon jeruk manis setelah penanaman.

Proses perawatan tanaman jeruk manis adalah serangkaian langkah yang dilakukan untuk menjaga kesehatan dan produktivitas pohon setelah penanaman.

Nah berikut ada 9 cara perawatan tanaman jeruk manis yang telah Rakyatbengkulu.com rangkum dari berbagai sumber diantaranya:

1. Penyiraman

Siram tanaman secara rutin, terutama pada musim kemarau, tanaman jeruk manis tentu saja membutuhkan kelembaban yang cukup, terutama pada tahap awal pertumbuhan.

BACA JUGA:8 Langkah Cara Persiapan Lahan untuk Budidaya Jeruk Manis

BACA JUGA:7 Cara Budidaya Jeruk Manis Bagi Pemula

Seabinya lakukan penyiraman di pagi atau sore hari untuk mengurangi penguapan, dan pastikan air meresap ke tanah dan tidak menggenang di sekitar tanaman.

2. Pemupukan

Gunakan pupuk NPK (Nitrogen, Fosfor, Kalium), untuk mendukung pertumbuhan vegetatif dan pembentukan buah, tambahkan pupuk organik seperti kompos atau pupuk kandang untuk meningkatkan kesuburan tanah.

Sebaiknya lakukan pemupukan setiap 3-4 bulan, terutama pada saat tanaman mulai berbuah, dan pastikan untuk mengikuti dosis yang dianjurkan pada kemasan pupuk.

3. Pemangkasan

Pangkas dahan yang mati, rusak, atau terlalu rapat untuk meningkatkan sirkulasi udara dan cahaya.

Hal ini juga akan membantu mendorong pertumbuhan tunas baru dan meningkatkan produksi buah, lakukan pemangkasan setelah masa panen atau pada awal musim semi sebelum pertumbuhan baru dimulai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: