HONDA

10 Tips dan Cara Merawat Anakan Ayam Petelur yang Benar

10 Tips dan Cara Merawat Anakan Ayam Petelur yang Benar

10 Tips dan Cara Merawat Anakan Ayam Petelur yang Benar--Instagram.com/ ciptaternaksehat

RAKYATBENGKULU.COM - Merawat anakan ayam petelur adalah tindakan memberikan perhatian dan perawatan yang tepat untuk memastikan kesehatan dan pertumbuhan optimal mereka.

Marawat anakan ayam ini meliputi penyediaan lingkungan yang nyaman, pakan bergizi, air bersih, serta menjaga suhu dan kelembapan yang sesuai.

Nah berikut ada 10 tips dan cara merawat anakan ayam petelur yang benar, dimana rakyatbengkulu.com telah merangkumnya dari berbagai sumber diantaranya:

1. Persiapan Kandang

Siapkan kandang yang bersih, hangat, dan nyaaman untuk anakan, sebaiknya gunakan alas yang lembut dan kering, yaitu seperti serbuk gergaji atau jerami, untuk menjaga kenyamanan dan kebersihan.

BACA JUGA:6 Tips dan Langkah-Langkah Tepat Memilih Lokasi Sempurna untuk Budidaya Pinang

BACA JUGA:8 Alasan Mengapa Budidaya Lobster Air Tawar Sangat Menjanjikan, Harga Jual Menguntungkan

2. Suhu yang Tepat

Anakan ayam petelur tentunya membutuhkan suhu yang hangat untuk tumbuh, sebaiknya pastikan suhu kandang sekitar 32-35°C pada minggu pertama, keudian turunkan suhu secara bertahap sekitar 2-3°C setiap minggu sampai mencapai 21°C.

3. Pemberian Pakan yang Tepat

Berikan pakan khusus untuk anakan ayam petelur yang tinggi protein, pakan ini tentu dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan otot, pakan bisa berupa pelet kecil atau tepung.

4. Penyediaan Air Bersih

Pastikan anakan ayam petelur selalu memiliki akses ke air yang bersih dan segar, lakukan ganti air setiap hari untuk menjaga kebersihan, dan gunakan wadah air yang tidak mudah terbalik.

5. Manajemen Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber