HONDA

8 Langkah Mudah Budidaya Melon Hijau bagi Pemula

8 Langkah Mudah Budidaya Melon Hijau bagi Pemula

Cocok bagi pemula, 8 langkah mudah budidaya melon hijau.--Instagram.com/ tanamanbuahnusantara

RAKYATBENGKULU.COM - Budidaya melon hijau adalah proses menanam dan merawat varietas melon yang memiliki kulit hijau.

Melon hijau ini dikenal karena rasa manisnya dan tekstur yang renyah, dimana proses budidayanya meliputi pemilihan benih.

Persiapan lahan, penanaman, perawatan, dan pemanenan, namun mungkin memerlukan perhatian yang khusus terkait kebutuhan air dan nutrisi untuk menghasilkan buah yang optimal.

Budidaya melon hijau tentu saja dapat dilakukan dengan langkah-langkah yang sistematis.

BACA JUGA:6 Tips dan Langkah-Langkah Tepat Memilih Lokasi Sempurna untuk Budidaya Pinang

BACA JUGA:7 Strategi Efektif Pengendalian Hama dan Penyakit pada Budidaya Alpukat Mentega

Nah berikut adalah panduan lengkap untuk memulai budidaya melon hijau, yang telah rakyatbengkulu.com rangkum dari berbagai sumber, di antaranya:

1. Persiapan Lahan

Pilih lokasi yang terkena sinar matahari secara penuh, yaitu minimal 6-8 jam per hari, kemudian brsihkan lahan dari gulma, batu, dan sisa tanaman, gemburkan tanah dengan cangkul atau traktor, uji pH tanah, idealnya antara 6,0-7,5. Jika perlu, tambahkan kapur untuk menaikkan pH atau sulfur untuk menurunkannya.

2. Pupuk dan Nutrisi

Berikan pupuk kandang atau kompos sebagai pupuk dasar untuk meningkatkan kesuburan tanah, selama pertumbuhan, sebaiknya gunakan pupuk NPK (Nitrogen, Fosfor, Kalium) sesuai kebutuhan tanaman, pupuk sebaiknya diberikan setiap 2-4 minggu sekali.

3. Penyemaian

Pilih benih melon hijau yang berkualitas tinggi, dan perhatikan ketahanan terhadap penyakit, gunakan media semai yang ringan, yaitu seperti campuran tanah, pupuk kandang, dan pasir, tanam benih dalam polybag atau tray semai, dan siram secara berkala dan jaga kelembaban media.

BACA JUGA:8 Alasan Mengapa Budidaya Lobster Air Tawar Sangat Menjanjikan, Harga Jual Menguntungkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber