HONDA

10 Fakta Menarik tentang Hewan Armadillo yang Wajib Diketahui

10 Fakta Menarik tentang Hewan Armadillo yang Wajib Diketahui

10 Fakta Menarik tentang Hewan Armadillo yang Wajib Diketahui--Instagram.com/ psukkis

RAKYATBENGKULU.COM - Armadillo adalah mamalia unik dari keluarga Dasypodidae, terkenal karena cangkang keras yang terbuat dari tulang dan keratin.

Cangkang ini berfungsi melindungi tubuh mereka yang bulat, dengan kaki pendek yang membuat mereka terlihat agak kikuk saat bergerak.

Armadillo dapat ditemukan di Amerika Utara, Amerika Tengah, dan sebagian Amerika Selatan.

Sebagai hewan nokturnal dan omnivora, mereka aktif di malam hari dan mengonsumsi berbagai makanan, termasuk serangga, cacing, dan tumbuhan.

BACA JUGA:Janji Sukatno: Perbaikan Jembatan Teluk Sepang-Kampung Bahari Akan Jadi Prioritas

BACA JUGA:10 Fakta Menarik tentang Trenggiling yang Hampir Punah

Salah satu ciri khas armadillo adalah kemampuannya untuk menggulung diri menjadi bola saat merasa terancam, meskipun tidak semua spesies memiliki kemampuan ini.

Selain itu, beberapa spesies armadillo dikenal sebagai pembawa penyakit, seperti penyakit Chagas, yang dapat menular kepada manusia.

Armadillo adalah hewan yang menarik dan sering menjadi subjek penelitian karena adaptasinya terhadap lingkungan. Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang armadillo:

1. Spesies yang Beragam

Ada sekitar 21 spesies armadillo yang dikenal dan tersebar di Amerika Utara dan Selatan, spesies paling terkenal adalah armadillo berbulu Dasypus novemcinctus, yang juga dikenal sebagai armadillo sembilan garis.

2. Pelindung dari Sisik

Armadillo memiliki pelindung yang terdiri dari sisik keras yang terbuat dari keratin, sama seperti kuku dan rambut. Sisik ini berfungsi sebagai perlindungan terhadap predator, dan beberapa spesies dapat menggulung tubuhnya untuk melindungi diri.

3. Diet Omnivora

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: