Tips Cornering yang Aman dengan Teknik Lean With The Bike dari Astra Motor Bengkulu

Dengan teknik lean with the bike, inilah tips cornering yang aman dari Astra Motor Bengkulu. --dokumen/rakyatbengkulu.com
BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Ketika berkendara menikung merupakan salah satu kemampuan penting yang wajib dimiliki seorang pengendara motor.
Menikung mungkin terlihat mudah namun bila kita tidak memahami teknik dasarnya akan berpotensi bahaya. Ada 3 jenis teknik menikung yaitu Lean In, Lean Out, dan Lean with the Bike.
Ketika kita berkendara dijalan umum kita bisa menggunakan salah satu teknik menikung yaitu Lean With the Bike, dimana pengendara dan kendaraan berada pada posisi tegak lurus.
Teknik ini dilakukan dengan posisi pengendara dan kendaraan berada pada posisi yang sejajar sehingga lebih aman dan stabil.
BACA JUGA:Resmi Mengaspal di Bengkulu! New Honda PCX 160 Tipe RoadSync Jadi Primadona
Nah berikut tips cornering aman dengan teknik Lean With The Bike yang bisa digunakan ketika berkendara untuk beraktivitas sehari-hari dari Astra Motor Bengkulu.
1. Pelan saat masuk
• Sebelum menikung kurangi kecepatan dengan menggunakan kombinasi rem depan dan belakang, hal ini dilakukan untuk mencegah motor keluar dari jalur tikungan akibat kecepatan yang terlalu kencang sehingga berpotensi melebar dan juga terjatuh akibat penggunaan rem secara kuat ketika motor pada posisi miring.
2. Melihat arah yang dituju
• Saat akan memasuki tikungan segera lihat arah yang dituju, hal ini dilakukan untuk segera menemukan potensi bahaya dan kita dapat mengantisipasi kondisi tersebut sedini mungkin sebelum motor dalam posisi miring, yang tentu saja pergerakannya akan terbatas dan sedikit kesalahan baik dalam kontorl kecepatan atau penggunaan rem pada posisi ini akan berpotensi bahaya.
BACA JUGA:Tipe RoadSync Jadi Primadona, All New Honda PCX 160 Sudah Dipesan 15 Unit
BACA JUGA:Honda Scoopy Totally Unique Tahun 2025 Resmi Rilis! Skutik Kekinian dengan Fitur Baru dan Eksklusif
3. Kontrol kecepatan
• Saat motor pada posisi miring, jangan merubah kecepatan secara ekstrem karena berpotensi menggangu daya cengkarm roda belakang, sehingga dapat menyebabkan roda belakang keluar dari jalurnya dan menggangu keseimbangan ketika kita menikung.
4. Gunakan rem belakang
• Bila kita ingin mengurangi kecepatan ketika menikung, kami sarankan menggunakan roda belakang, hal ini ditujukan untuk mencegah terganggunya daya cengkram roda depan bila menggunakan rem depan untuk mengurangi kecepatan yang berpotensi menggangu keseimbangan sepeda motor dan dapat menyebabkan motor terjatuh.
5. Tambah kecepatan
• Saat akan keluar tikungan, untuk memposisikan motor kembali tegak kita perlu membuka gas untuk mendorong motor kembali keposisi tegak, tentu saja menambah kecepatan ini dengan cara perlahan tidak dihentak atau menambah secara ekstrem.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: