HONDA

UMKM Produsen Wewangian Binaan BRI Siap Harumkan Indonesia di Kancah Dunia

UMKM Produsen Wewangian Binaan BRI Siap Harumkan Indonesia di Kancah Dunia

Siap harumkan Indonesia di kancah dunia melalui UMKM produsen wewangian binaan BRI.--dokumen/rakyatbengkulu.com

JAKARTA, RAKYATBENGKULU.COM - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung pengusaha Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk naik kelas dan menembus pasar global.

Komitmen ini diwujudkan melalui penyelenggaraan BRI UMKM EXPO(RT) 2025, ajang pameran akbar yang mempertemukan 1.000 UMKM binaan BRI terpilih dengan pasar nasional hingga internasional.

Salah satu UMKM binaan BRI yang turut berpartisipasi adalah SWR, produsen pengharum ruangan asal Jakarta yang berhasil masuk dalam kategori Healthcare & Wellness.

Kehadiran SWR menjadi bukti nyata bagaimana BRI mendorong pengusaha UMKM untuk terus berinovasi dan memperluas pasar.

BACA JUGA:Awas Kejahatan Smishing, BRI Ingatkan Nasabah Waspada dan Jaga Kerahasiaan Data Transaksi Perbankan

BACA JUGA:Komitmen Nyata BRI Terapkan Prinsip ESG untuk Bisnis Berkelanjutan yang Ramah Lingkungan dan Berdampak Sosial

Pemilik SWR Deddy Suwardi menceritakan awal mula usahanya yang terinspirasi dari bisnis cuci mobil hingga akhirnya mengembangkan produk wewangian yang kini menjadi andalan SWR.

"Saya mengerjakan sendiri seluruh proses produksi, mulai dari mencari bahan baku hingga melakukan uji coba. Produk reed diffuser ini memang membutuhkan waktu dalam proses pengembangannya," tuturnya.

Dari sisi omzet, secara bulanan SWR mampu meraih pendapatan bersih hingga belasan juta rupiah. Lebih jauh, ia menegaskan bahwa pameran ini menjadi momentum strategis untuk memperluas pasar sekaligus mendorong rencana ekspansi bisnisnya ke tingkat global. 

“Rencana ekspor pada 2026, target saya produk ini dapat masuk ke seluruh store dan dipasarkan melalui pameran seperti BRI UMKM EXPO(RT), karena strategi pemasaran saya memang melalui pameran. Selain itu, selama pameran, eksposur di media online juga ikut meningkat,” ungkapnya.

BACA JUGA:Ikuti BRI UMKM EXPO(RT) 2025, Pengusaha Seni Ukir Jepara Tembus Pasar Global

BACA JUGA:QLola by BRI Cetak Volume Transaksi Rp8.400 Triliun, Permudah Nasabah Korporasi Kelola Keuangan Lebih Efisien

Direktur Commercial, Small, and Medium Business BRI Amam Sukriyanto menegaskan komitmen BRI dalam memperkuat peran UMKM agar mampu bersaing di tingkat global.

“BRI secara konsisten menghadirkan program-program strategis untuk mendorong UMKM Indonesia naik kelas, termasuk membuka akses pasar dan peluang ekspor. Melalui BRI UMKM EXPO(RT) 2025, BRI memberikan ruang bagi UMKM unggulan untuk memperluas jaringan bisnis dan memperkenalkan produknya ke pasar internasional. Kehadiran SWR sebagai salah satu UMKM binaan yang mulai merancang ekspansi ekspor menjadi contoh nyata bagaimana program pemberdayaan BRI mendorong UMKM semakin berdaya saing dan siap memasuki pasar global,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: